0
  CONTACT US by WHATSAPP
sparepart kapal
22
Oct
Hook atau Ganco – Sparepart Kapal
Oct 22, 2016By Velasco Indonesia

Sparepart kapal yang akan dibahas kali ini adalah hook atau ganco. Sebelum saya membahas jenis hook atau ganco sebagai inti dari pembahasan artikel saya kali ini, sebelumnya saya ingin menjelaskan pengertian atau definisi dari hook atau ganco itu sendiri. Sparepart kapal Hook adalah alat yang digunakan untuk membantu mengangkat beban dengan cara di kaitkan. Sebuah hook angkat biasanya dilengkapi dengan kait pengaman untuk mencegah pelepasan dari kaitan wire rope sling ataupun rantai dari beban yang terpasang.

Sparepart kapal Hook atau ganco ini berbentuk seperti tanda tanya karena bentuk tanda tanya sangat cocok untuk model dari hook itu sendiri yang fungsinya sebagai alat pengangkat atau alat kait. Tetapi hal ini bukan berarti bentuk hook yang cocok sebagai alat pengait tersebut sudah sangat aman digunakan dengan cara apapun. Walaupun bentuk hook sebagai alat kait itu sudah sempurna, tetapi harusnya anda tetap menggunakan hook tersebut dengan benar sehingga dapat mengurangi bahkan meniadakan resiko kecelakaan kerja. Berikut ini akan saya jelaskan sedikit bahaya menggunakan hook dengan tidak benar :

sparepart kapal

BAHAYA MENGGUNAKAN HOOK DENGAN TIDAK BENAR

  1. Beban atau barang yang diangkat dapat terlepas dari hook dan jatuh.
  2. Barang yang jatuh dapat menyebabkan cedera atau bahkan kematian pada orang disekitarnya.
  3. Pengunci atau Latch kit akan terlepas jika trigger hook mengalami tekanan.
  4. Mengangkat beban dengan posisi hook miring dapat menyebabkan selip sehingga akan membuat jatuhnya barang atau beban yang diangkat.

Setelah anda tau bahaya dari penggunaan hook yang salah, tentunya anda harus menjadi waspada dan kroscek diri anda saat anda menggunakan hook. Apakah anda sudah menggunakan hook dengan benar atau belum?? agar anda tidak membahayakan orang-orang disekitar anda saat anda mengaplikasikan hook tersebut saat lifting application.

Jika anda ragu apakah anda sudah benar atau masih salah dalam menggunakan hook, untuk itu saya akan menjelaskan pada anda petunjuk penggunaan dan perawatan dari hook anda :

PETUNJUK PENGGUNAAN DAN PERAWATAN HOOK

  1. Lakukan pemeriksaan berkala apakah ada keretakan, cuil, bengkok dan faktor lain yang dapat menyebabkan kerusakan pada hook.
  2. Lakukan pemeriksaan oleh orang yang sudah berpengalaman.
  3. Untuk penggunaan hook bekas harus dilakukan inspeksi dengan magnetic particle dan Dye Penetrant oleh orang yang berpengalaman terlebih dahulu secara berkala.
  4. Jangan menggunakan hook yang sudah mengalami pemegaran leher maksimal 5 % dari bentuk awal.
  5. Jangan menggunakan hook yang bengkok dan jangan berusaha meluruskan hook yang telah bengkok untuk dipakai lagi.
  6. Berat beban tidak boleh melebihi working load hook.
  7. Dilarang memperbaiki, meluruskan, mengerjakan ulang ataupun membentuk ulang hook dengan cara dipanaskan, dibakar, dilelehkan ataupun di press.
  8. Jangan menggunakan hook dengan posisi terhalang benda atau balok.
  9. Jangan menggunakan hook dengan posisi dimiringkan.

Setelah anda tau petunjuk-petunjuk dari penggunaan hook dan perawatan dari hook ini, sekarang saya akan mulai membahas inti dari artikel ini yaitu jenis hook atau ganco itu sendiri. Apa saja yang dapat membedakan hook yang satu dengan yang lain??

Jenis hook atau ganco ini dapat dibedakan menurut :

  1. Jenis Penyambungnya.
  2. Bentuk dan kegunaannya.
  3. Jenis pengaman / penguncinya