0
  CONTACT US by WHATSAPP
Hindari Block Twisting
21
Nov
Hindari Block Twisting untuk Keselamatan Kerja
Nov 21, 2017By Velasco

Penggunaan wire rope secara terus menerus dapat membuat kualitas wire rope semakin menurun. Permasalahan paling umum yang dialami oleh wire rope adalah block twisting atau cabling. Hindari block twisting agar keselamatan para pekerja dapat terjamin.

Hindari Block Twisting

Para pekerja perlu untuk memahami penggunaan wire rope dengan benar. Hal ini sangat penting karena block twisting merupakan salah satu penyebab kecelakaan kerja. Oleh karena itu, cara menggunakan wire rope telah diatur dalam Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3).

Setiap kali wire rope mengangkut sebuah beban, maka wire rope akan mengalami twist atau berputar. Semakin lama sebuah wire rope digunakan, semakin besar twist yang terjadi. Apabila twist mencapai 180 derajat, maka wire rope tersebut sudah tidak layak lagi digunakan dan dapat membahayakan pekerja.

Hindari block twisting dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
1. Kurangi panjang wire rope. Wire rope berukuran yang lebih panjang akan membuat resiko terjadinya twisting semakin besar.
2. Kurangi berat beban yang diangkut. Semakin berat beban maka semakin tinggi resiko twist pada wire rope.
3. Hindari aplikasi reeving menggunakan traveling block dengan jumlah part yang ganjil. Reeving dengan part berjumlah genap umumnya lebih stabil.
4. Pindahkan ujung wire rope ke bagian boom untuk meningkatkan pemisahan antara ujung wire rope yang satu dengan wire rope yang lainnya. Hal ini dapat membantu membuat beban lebih stabil.
5. Gunakan sheave atau katrol penggerak berukuran besar. Semakin besar ukuran sheave akan menstabilkan beban sekaligus memperbesar sudut putaran wire rope di dalam traveling block.
6. Aplikasikan tag line untuk dapat meminimalisir block twisting saat aplikasi lifting.

Semua langkah-langkah di atas harus dipahami oleh para pekerja agar dapat maksimal hindari block twisting. Selain itu, pastikan Anda menggunakan wire rope yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor wire rope berkualitas dan peralatan teknik lainnya dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.