0
  CONTACT US by WHATSAPP
Fungsi Wire Clip
02
Jul
Fungsi Wire Clip Kawat Seling
Jul 02, 2018By Velasco

Wire clip merupakan salah satu peralatan rigging yang banyak digunakan. Fungsi wire clip yang paling utama adalah untuk mengikat, menyatukan, serta menahan ujung mata wire rope sling (kawat seling) agar tidak bergerak dan tidak terlepas. Jadi detailnya, setelah ujung wire rope ditekuk, kemudian bagian tersebut ditahan dengan wire clip sehingga dapat terbentuk mata wire rope yang kuat untuk digunakan dalam aplikasi rigging. Di Indonesia, wire clip juga sering disebut dengan kuku macan.

Setelah terbentuk, selanjutnya mata wire rope tersebut dapat digunakan untuk aplikasi mengikat dan menarik. Bisa juga digunakan untuk aplikasi mengangkat, namun pastikan tidak untuk mengangkat barang yang terlalu berat. Pastikan juga Anda menggunakan wire clip yang berkualitas seperti merk Crosby.

Sebelum menggunakan wire clip, Anda wajib mempelajari petunjuk yang ada pada setiap kemasan wire clip agar tidak salah pakai. Salah memasang wire clip dapat membahayakan keselamatan awak kapal serta barang yang diangkut. Pastikan juga Anda membeli wire clip Crosby dari distributor yang dapat dipercaya.

Setiap wire clip Crosby punya nilai efisiensi yang tertera pada petunjuk pemakaian. Contohnya: jika sebuah wire clip memiliki efficiency rating 85%, maka nilai breaking load wire rope yang tadinya sebesar 1 ton akan berkurang hingga 850 kg dengan adanya wire clip tersebut. Wire clip yang tidak disertai dengan petunjuk pemakaian, sebaiknya jangan pernah digunakan, kecuali untuk dekorasi yang tidak membahayakan.

Selain membuat mata wire rope sling, fungsi wire clip juga dapat digunakan untuk menahan tiang atau jembatan, untuk menyatukan dua wire rope, untuk mengikat dan menarik, membuat pagar pembatas, serta untuk dekorasi.

Kuku macan memiliki beberapa jenis. Berdasarkan bentuknya, ada 3 jenis wire clip: US forged, fist grip, dan heavy duty atau bulldog. Sementara dari segi untuk finishing, ada 2 jenis, yaitu galvanize, dan stainless steel. Semua wire clip tersebut memiliki fungsi wire clip yang sama, yaitu untuk mengikat atau menahan wire rope agar tidak terlepas.

Silahkan kontak PT Velasco Indonesia Persada, kami jual wire clip Crosby bersertifikat dengan harga distributor. Kami juga jual alat safety kapal, chemical product, dan lain sebagainya dengan kualitas dan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.