0
  CONTACT US by WHATSAPP
Fungsi Telepon Satelit
23
Sep
Fungsi Telepon Satelit dalam Berbagai Kondisi
Sep 23, 2019By Velasco

Kita sering mendengar atau melihat gambar satelit, namun tahukah Anda untuk apa satelit itu mengorbit di atas bumi? Salah satunya adalah sebagai alat bantu untuk komunikasi, seperti telepon satelit. Fungsi telepon satelit sangat banyak dan dapat digunakan dalam berbagai kondisi.

 

Satelit Menggantikan Antena Radio Selular

Telepon satelit merupakan alat komunikasi yang terhubung dengan telepon lainnya melalui gelombang frekuensi yang dipantulkan oleh satelit. Jika pada telepon genggam pada umumnya yang menjadi media penghantar gelombang frekuensinya adalah antena radio pada BTS (Base Station Transceiver), maka yang menggantikan fungsi antena-antena tersebut adalah satelit.

 

Fungsi Telepon Satelit

Telepon satelit berfungsi untuk menjangkau area-area yang belum ter-cover oleh telepon selular biasa, misalnya di gurun pasir, tengah hutan, tengah laut. Telepon ini juga sangat berguna saat ada mati listrik seperti yang terjadi di Jakarta beberapa waktu lalu. Sebab saat mati listrik, sebagian BTS juga ikut mati, sehingga telepon selular biasa tidak mendapat sinyal, sementara dengan telepon satelit, jaringan tidak akan terganggu sama sekali.

 

Satelit GEO dan LEO

Umumnya ada 2 jenis satelit berdasarkan ketinggian orbitnya, pertama Satelit Orbit Tinggi Geostationer (High Earth Orbit atau disingkat GEO) dan Satelit Orbit Rendah (Low Earth Orbit atau disingkat LEO). Kedua satelit tersebut memiliki plus minusnya masing-masing.

 

Satelit GEO

  • Melayang di orbit dengan ketinggian sekitar 22.000 mil / 35.000 km di atas permukaan bumi.
  • Cover area-nya lebih luas.
  • Minus: tingkat delay tinggi, hingga 250 ms.
  • Minus: tidak cocok di daerah dengan permukaan tanah tidak rata, misalnya di pegunungan yang mengelilingi lembah.
  • Beberapa satelit GEO yang memberi layanan telepon satelit: Thuraya, Inmarsat, Terrestar, dan MSAT/SkyTerra.

Satelit LEO

  • Mengorbit di ketinggian sekitar 930 mil / 1.500 km.
  • Bentuknya lebih kecil dan enteng daripada satelit GEO.
  • Cakupan areanya tidak luas.
  • Plus: tingkat delaynya rendah, yaitu sekitar 50 ms.
  • Plus: perangkat terminalnya cukup menggunakan antena yang lebih kecil.

 

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor telepon satelit dan peralatan navigasi serta komunikasi lainnya seperti marine radar atau ada juga marine intercom. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.