0
  CONTACT US by WHATSAPP
Fungsi Safety Equipment
31
Jul
Fungsi Safety Equipment di Kapal
Jul 31, 2018By Velasco

Medan di kapal sangat berbeda dengan di daratan. Oleh karena itu diperlukan beberapa alat pengaman khusus untuk kapal. Fungsi safety equipment atau alat keselamatan di kapal adalah untuk melindungi para awak kapal agar tetap aman apabila terjadi situasi darurat. Situasi darurat di kapal contohnya adalah cuaca ekstrim, kebakaran, kapal tenggelam, dan masih banyak lagi.

Kecelakaan dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Maka dari itu, safety equipment yang handal sudah menjadi barang wajib saat berada di kapal. Hal ini ditegaskan dengan adanya peraturan standar internasional tentang keselamatan di atas laut, atau Safety of Life at Sea (SOLAS). Dalam peraturan SOLAS tersebut dicantumkan safety equipment apa saja yang harus ada di setiap kapal, lengkap dengan ketentuan harus diletakkan di mana, berapa banyak, serta cara menggunakannya. Setiap kapal harus mengikuti peraturan SOLAS tersebut agar dapat lebih terjamin keselamatannya.

Bekerja di kapal memiliki alat keselamatan yang berbeda dari yang lain, sebab tantangan yang dihadapi juga berbeda. Berikut ini beberapa contoh fungsi safety equipment untuk di atas kapal:

  • Teropong, untuk melihat benda atau kondisi cuaca dari jarak jauh.
  • Hand flare signal, man over board, smoke signal, rocket parachute flare signal, line throwing. Alat-alat ini berfungsi untuk memberi sinyal permintaan pertolongan saat terjadi kecelakaan di tengah laut.
  • Hru for life raft, inflatable life raft, life buoy, life jacket, rescue boat, ring buoy light. Serangkaian alat ini berfungsi untuk membuat penggunanya tetap terapung di atas air sehingga tidak tenggelam.
  • Contoh life saving equipment yang lain: marine sticker dan wind speed anemometer.

Di atas kapal juga diperlukan fire fighting equipment. Fungsi safety equipment yang satu ini adalah untuk mengatasi resiko kebakaran di atas kapal. Berikut ini beberapa contoh fire fighting equipment:

  • Fireman outfit, fireman safety shoes. Berfungsi untuk melindungi seluruh tubuh dari panas dan nyala api.
  • Marine smoke detector & heat detector. Fungsi safety equipment yang ini adalah untuk mendeteksi adanya asap dan panas ketika terjadi kebakaran.
  • Portable fire extinguisher cylinder atau APAR, fire blanket, fire hose, fire hose box, fire hose connector, fire hose coupling, fire hoze nozzle, fire hydrant cabinet. Fungsinya yaitu untuk memadamkan api saat terjadi kebakaran ringan. Alat ini sifatnya sebagai penolong sementara dan darurat.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada, kami menyediakan berbagai safety equipment di kapal dengan kualitas dan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.