0
  CONTACT US by WHATSAPP
Fungsi Radar
02
Jun
Fungsi Radar Pada Kapal Laut
Jun 02, 2019By Velasco

Dalam menjalankan kapal, penting bagi sang nahkoda untuk dapat mengetahui tentang kondisi laut, termasuk mengetahui posisi kapal-kapal lain yang ada di sekitar. Hal ini diperlukan agar jangan sampai terjadi tubrukan. Informasi posisi kapal di sekitar dapat diketahui melalui radar kapal. Namun jangan salah, fungsi radar bukan hanya ini, masih banyak beberapa fungsi radar kapal yang lain.

Sebelum membahas berbagai fungsi radar kapal yang lain, perlu dipahami bahwa terdapat 2 jenis radar kapal yang umum digunakan. Pertama adalah radar kapal yang dijalankan dengan frekuensi X-band (10 GHz). Radar kapal ini beroperasi dengan frekuensi tinggi, digunakan untuk memperoleh gambar yang tajam dengan resolusi tinggi. Selanjutnya jenis kedua adalah radar yang beroperasi pada frekuensi S-band (3 GHz). Radar jenis ini digunakan untuk mengidentifikasi dan melakukan tracking khususnya pada saat hujan, badai atau berkabut.

Radar bekerja dengan cara sebagai berikut. Pertama-tama, antena parabola yang dimiliki radar kapal akan mengirim dan menerima sinyal elektromagnetik. Sinyal tersebut lalu dipantulkan oleh benda-benda dalam jangkauan radar dan akan terlihat pada Plan Position Indicator (PPI).

Frekuensi dan waktu yang dibutuhkan gelombang untuk dapat kembali ke penerima radar, digunakan untuk mengetahui apakah rute kapal dapat dilanjutkan atau tidak. Pada PPI, pantulan gelombang akan terlihat sehingga jarak antara kapal dengan benda yang tergambarkan dapat teridentifikasi dengan mudah.

 

Fungsi Radar Kapal

Jadi, fungsi utama radar kapal adalah untuk melakukan identifying serta tracking (Automatic Radar Plotting Aid atau ARPA) dan positioning sebuah kapal. Namun tidak hanya itu, berikut ini beberapa fungsi lain dari radar kapal:

  1. Menghitung jarak tujuan. Informasi tersebut digunakan untuk menentukan kecepatan, arah, dll.
  2. Menavigasi dan mengarahkan kapal agar terhindar dari tabrakan.
  3. Berintegrasi dengan perangkat lainnya di kapal untuk menyajikan data yang akurat.
  4. Membedakan target tujuan di area padat traffic.
  5. Menginformasikan kondisi cuaca.
  6. Digunakan oleh Vessel Traffic Service (VTS) untuk dapat mengontrol traffic kapal.
  7. Terdapat fitur-fitur tambahan seperti parallel indexing untuk memastikan keselamatan pelayaran.
  8. Mengurangi beban kerja Office on Watch (OOW) di kapal.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor radar kapal berkualitas dengan pelayanan terbaik. Kami juga jual alat navigasi lainnya seperti SART dan lampu sorot . Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.