0
  CONTACT US by WHATSAPP
Jenis Dan Fungsi Monkey Ladder
06
Dec
Jenis dan Fungsi Monkey Ladder
Dec 06, 2017By Velasco

Monkey ladder adalah jenis tangga ringan yang berada di kapal yang menyerupai jembatan monyet. Artikel ini akan menjelaskan mengenai jenis dan fungsi monkey ladder. Mencari monkey ladder terbaik? PT Velasco Indonesia Persada menyediakan monkey ladder berkualitas dengan layanan terbaik.

Berdasarkan bahan yang digunakan, monkey ladder secara umum terdiri dari dua jenis yaitu,
• Monkey ladder dengan peganggan atau tumpuan kaki terbuat dari kayu keras
• Monkey ladder dengan peganggan atau tumpuan kaki terbuat dari alumunium

Jenis Dan Fungsi Monkey Ladder

Jika digunakan secara benar dan efektif, monkey ladder akan sangat membantu dalam meringankan pekerjaan atau dalam menyelamatkan diri. Tetapi jika digunakan sembarangan seperti dengan tergesa-gesa atau sambil membawa barang banyak, akan menimbulkan potensi bahaya. Panjang monkey ladder biasanya customable atau disesuaikan dengan peruntukan yang dibutuhkan penggunanya.

Fungsi monkey ladder sama seperti fungsi tangga pada umumnya. Di kapal, monkey ladder digunakan untuk turun dan naik khususnya pada saat-saat genting. Contohnya para penumpang menggunakan monkey ladder dari kapal yang akan tenggelam untuk naik ke kapal sekoci atau rakit penyelamat.

Occupational Safety and Health Administration (OSHA) merilis petunjuk-petunjuk tentang penggunaan tangga. Petunjuk-petunjuk ini bertujuan untuk meminimalisir risiko berbahaya dan kecelakaan pada saat menggunakan tangga. Tanpa disadari, sebagian kecelakaan kerja terjadi di tangga. Terlebih monkey ladder pada kapal yang bentuknya tidak seperti tangga pada gedung-gedung.

Petunjuk 1: Gunakanlah akal sehat.
Akal sehat perlu digunakan saat menggunakan tangga. Jangan remehkan kondisi kelelahan saat menggunakan tangga sebab akan dapat meningkatkan risiko kecelakaan.
Petunjuk 2: Rawatlah tangga yang digunakan.
Rawatlah secara berkala agar tangga dapat digunakan dalam kondisi baik, kokoh dan bersih.
Petunjuk 3: Pahamilah batas kapasitas daya tahan tangga.
Setiap tangga memiliki kapasitas daya tahannya masing-masing. Oleh karena itu perlu diketahui apakah tangga yang akan digunakan kuat atau rapuh, dan berapa berat yang dapat ditahan untuk dapat mencegah kecelakaan.
Petunjuk 4: Latihlah pengguna tangga.
Latihlah pengguna tangga agar mereka mengerti dan mengenali risiko yang dapat terjadi pada saat mereka menggunakan tangga secara tidak benar.
Petunjuk 5: Perhitungkanlah posisi.
Tangga sangat berkaitan dengan perhitungan sudut, pengukuran-pengukuran, dan batasan berat. Oleh karena itu, posisikan tangga berdasarkan hal-hal tersebut di tempat yang paling minim potensi kecelakaannya.

Setelah memahami jenis dan fungsi monkey ladder, pastikan Anda membeli monkey ladder dengan kualitas dan harga terbaik.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai supplier monkey ladder, pilot ladder, dan peralatan marine deck lainnya dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.