0
  CONTACT US by WHATSAPP
Fungsi Masker
22
Nov
Fungsi Masker untuk Berbagai Keperluan
Nov 22, 2019By Velasco

Respirator atau yang sering dikenal dengan masker sebaiknya dipakai oleh pekerja baik dalam industri besar, menengah maupun kecil yang berhubungan dengan lingkungan dengan udara tercemar. Tidak hanya itu, masyarakat yang tinggal di tempat dengan kadar polusi dan kabut asap yang tinggi, perlu menggunakan masker. Fungsi masker adalah untuk mencegah berbagai partikel berbahaya terhirup ke dalam tubuh melalui hidung atau mulut.

Fungsi Masker Berdasarkan Jenisnya

Pada dasarnya, keadaan berbahaya dalam pernapasan manusia diklasifikasikan menjadi tiga yaitu:

  • Kurangnya oksigen dalam udara
  • Udara kotor seperti debu, fumes dan mist
  • Gas atau uap terkontaminasi bahan kimia

Secara umum sering kita kenal dua jenis masker, yaitu yang sekali pakai dan yang dapat dipakai kembali. Namun selain itu, masker juga dibedakan berdasarkan kegunaannya, pertama adalah masker tipe penyaring udara / air-purifying respirator (APR), kedua adalah masker tipe penyuplai udara atau supplied-air respirator (SAR).

Fungsi Masker APR

Prinsip kerja tipe APR terdiri dari dua macam teknik, menyaring menyerap. Fungsinya yaitu agar orang atau pekerja terlindungi dari partikel-partikel berbahaya yang tedapat dalam udara. Masker akan menyaring atau menyerap partikel-partikel berbahaya saat menghirup udara, sehingga partikel-partikel berbahaya tersebut tidak sampai masuk ke dalam tubuh.

Masker penyaring biasanya dipakai saat bekerja atau beraktivitas di tempat berdebu atau banyak serbuk kayu atau lainnya. Masker penyerap biasanya dipakai untuk mencegah partikel berbhaya yang lebih kecil masuk dalam tubuh. Saat dipakai, tipe ini harus pas menutup baik setengah atau seluruh wajah (tight-fitting).

Fungsi Masker SAR

Masker dengan tipe SAR selain bertujuan untuk melindungi pemakainya agar tidak sampai menghirup udara terkontaminasi, masker ini juga berfungsi untuk menyalurkan udara bersih dari tanki udara melalui selang.

Pada umumnya masker tipe ini didesain dalam dua model yaitu model tight-fitting (menutupi setengah atau seluruh wajah) dan model loose-fitting (bentuknya seperti helm full face yang menutupi seluruh kepala) 

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada, distributor masker N95 terbaik. Selain itu kami juga jual alat pemadam kebakaran seperti APAR, atau fire hydrant cabinet, dll.  Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.