0
  CONTACT US by WHATSAPP
12
Mar
Fungsi Klem Seling dalam Industri
Mar 12, 2019By Velasco

Klem seling adalah sebuah alat yang digunakan untuk membuat mata pada kawat seling atau wire rope. Alat ini sering dikenal dengan sebutan wire clip atau kuku macan. Fungsi klem seling dalam pembuatan mata pada kawat seling adalah sebagai alat yang menyatukan bagian ujung kawat seling yang ditekuk membentuk mata. Setelah ditekuk, kawat seling diikat dengan klem seling agar tidak terlepas.

Fungsi klem seling ini memiliki peranan yang sangat vital dalam berbagai industri yang melibatkan alat berat. Misalnya industri konstruksi, perkapalan, tambang, dan masih banyak lagi. Penggunaan klem seling secara lebih jelas dapat Anda lihat pada ilustrasi berikut ini.

Klem Seling

Setelah terbentuk, selanjutnya mata wire rope atau kawat seling tersebut dapat digunakan untuk aplikasi mengikat, menarik dan mengangkat. Namun sebelum menggunakan klem seling, pastikan Anda memperhatikan spesifikasi klem seling dan kawat seling yang digunakan, jangan sampai Anda mengangkut beban yang tidak sesuai dengan kapasitas. Pastikan juga Anda menggunakan klem seling yang berkualitas seperti merk Crosby.

Anda juga wajib memahami petunjuk yang ada pada setiap kemasan klem seling agar tidak salah pakai. Salah memasang klem seling dapat membahayakan keselamatan awak kapal serta barang yang diangkut.

Setiap klem seling memiliki nilai efisiensi yang tertera pada petunjuk pemakaian. Cara membacanya adalah: jika sebuah klem seling memiliki efficiency rating 85%, maka nilai breaking load wire rope yang tadinya sebesar 1 ton akan berkurang hingga 850 kg dengan adanya klem seling tersebut.

Selain membuat mata wire rope sling, fungsi klem seling juga dapat digunakan untuk menahan tiang atau jembatan, untuk menyatukan dua wire rope, untuk mengikat dan menarik, membuat pagar pembatas, serta untuk dekorasi.

Klem seling memiliki beberapa jenis. Berdasarkan bentuknya, ada 3 jenis wire clip: US forged, fist grip, dan heavy duty atau bulldog. Sementara dari segi finishing, terdapat 2 jenis: galvanize, dan stainless steel. Semua jenis itu memiliki fungsi klem seling yang sama, yaitu untuk membuat mata wire rope.

Silahkan kontak PT Velasco Indonesia Persada, kami jual wire clip atau klem seling berkualitas. Kami juga jual alat safety kapal, chemical product, dan lain sebagainya dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.