0
  CONTACT US by WHATSAPP
fungsi jangkar pada kapal
10
Nov
Fungsi Jangkar Pada Kapal Laut
Nov 10, 2016By Velasco Indonesia

Fungsi jangkar pada kapal – Dalam dunia kelautan, jangkar kapal merupakan salah satu elemen penting yang harus ada karena akan sangat fatal jadinya karena keberadaan jangkar itu sendiri memiliki peran yang sangat penting. Dari fungsinya saja, jangkar kapal memiliki fungsi yang sangat banyak sehingga jangkar kapal harus dalam keadaan  yang prima ketika hendak berlayar. Tapi apa sih sebenarnya fungsi jangkar pada kapal ? Mengapa memiliki peran yang sangat penting ?

fungsi jangkar pada kapal

Kami akan berbagi informasi sedikit kepada Anda mengenai fungsi jangkar pada kapal, simak informasinya berikut namun hal yang perlu Anda tau, secara umum jangkar kapal berfungsi untuk sebagai pembatas gerakan kapal. Jangkar berfungsi dengan jangkar akan diturunkan ke dalam air sampai dasar sehingga akan tertancap pada dasar laut, dengan begitu pergerakan kapal akan terbatas dengan sepanjang rantai kapal tersebut di bentangkan sehingga kapal tidak akan mudah goyah.

Namun jika dilihat dari jenis dan letaknya, setiap jangkar memiliki fungsi yang berbeda-beda, fungsinya adalah sebagai berikut :

  1. Jangkar Labuh

Jangkar labuh ini diletakkan di sisi kanan dan kiri kapal yang digunakan ketika kapal sedang berlabuh. Jangkar kapal ini berfungsi untuk menahan berat kapal agar tidak mudah goyah ketika sedang dilabuhkan, berat kedua jangkar sama agar memiliki keseimbangan yang sama juga. Jangkar ini biasa disebut juga dengan jangkar utama (bower anchor).

  1. Jangkar Arus

Jangkar arus diposisikan di bagian belakang kapal, jangkar ini berfungsi untuk membantu jangkar haluan pada saat berlabuh di daerah yang memiliki arus yang kuat, dan untuk menahan posisi kapal bagian buritan supaya tetap dalam posisinya. Jangkar untuk jenis ini memiliki berat minimum kurang lebih sepertiga dari beat jangkar haluan namun pada kapal besar jangkar ini memiliki berat yang sama dengan jangkar haluan.

  1. Jangkar cemat

Jangkar jenis ini digunakan untuk membebaskan kapal pada saat kapal kAndas di dasar yang berpasir namun tidak semua jenis kapal memiliki jangkar ini.

Itulah fungsi kapal pada jangkar, pada dasarnya setiap kapal memiliki jenis jangkar yang berbeda-beda tergantung dengan fungsinya.