0
  CONTACT US by WHATSAPP
Fungsi Freon
24
Feb
Fungsi Freon pada Air Conditioner (AC)
Feb 24, 2018By Velasco

Masyarakat urban yang tinggal di tengah kota dengan banyaknya gedung-gedung bertingkat dan semakin sedikitnya pepohonan hijau tentu sangat akrab dengan pendingin udara atau lebih dikenal dengan AC (Air Conditioner). Setiap AC membutuhkan Freon untuk dapat mendinginkan ruangan. Seperti apakah fungsi Freon pada AC?

Fungsi Freon

Freon (refrigerant) adalah senyawa kimia (senyawa alifatik) yang tersusun dari bromine, klorin, atau hydrogen. Senyawa ini tidak memiliki warna, tidak berbau, tidak mudah terbakar, dan tidak mudah hancur. Nama Freon sendiri sebenarnya merupakan nama merk dagang. Freon dimanfaatkan pertama kali pada tahun 1930 pada lemari es (kulkas).

Freon pada umumnya berbentuk gas atau cair dan berfungsi untuk menyerap beban pendingin ruangan atau tempat-tempat lain yang hendak diatur suhu udaranya atau untuk mengawetkan makanan. Di zaman sekarang, fungsi Freon dimanfaatkan di sejumlah besar perangkat komersial untuk skala kecil dan industri yang berskala besar seperti gudang-gudang penyimpanan dengan suhu dingin dan transportasi makanan.
Berikut cara kerja Freon pada AC hingga dapat menyejukan suatu ruangan. Awalnya kompresor di AC memadatkan atau memampatkan gas Freon yang dingin. Kompresor AC perlu dilumasi agar dapat bekerja dengan baik. Pelumasnya didapat dari sejumlah kecil minyak yang dikombinasikan dengan gas Freon.

Tekanan gas Freon akan meningkat saat dikompres, yang menyebabkan suhunya meningkat atau menjadi sangat panas. Kemudian, gas Freon yang panas bergerak melalui serangkaian koil atau kumparan, yang berfungsi untuk menurunkan panasnya dan mengubahnya menjadi cair. Setelah berubah menjadi cair, Freon kemudian mengalir melalui katup ekspansi, yang menyebabkan suhunya turun atau mendingin dan kemudian akan menguap. Freon cair yang menguap menghasilkan gas Freon bertekanan rendah yang dingin. Gas dingin kemudian disalurkan melalui set kumparan lain sehingga memungkinkan gas menyerap panas dan menurunkan suhu udara di dalam sebuah ruangan.

Air Conditioner juga bekerja untuk menyaring udara dan membersihkannya dari debu, serbuk sari, asap kotor, polutan atau alergen lainnya. Kelebihan air dari udara juga seing diambil AC, menggunakannya untuk mendinginkan sistem yang sedang bekerja, dan kemudian memompanya keluar melalui selang. Dengan cara ini, AC membasahi udara di dalamnya. Saat ini terdapat beberapa unit AC yang bekerja dengan sistem yang dapat memanfaatkan uap air yang dikondensasi sebagai air dingin secara berulang kali.

Setelah memahami fungsi Freon pada AC, jangan lupa untuk membeli Freon dari distributor terpercaya. Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor Freon berkualitas dengan pelayanan terbaik. Selain itu kami juga jual chemical product lainnya seperti contact cleaner, electrical cleaner, dan lain sebagainya. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.