0
  CONTACT US by WHATSAPP
Fungsi dan jenis segel
17
Apr
Fungsi dan Jenis Segel untuk Industri
Apr 17, 2019By Velasco

Segel merupakan salah satu alat bantu serbaguna yang dibutuhkan dalam hampir setiap proses rigging. Fungsi dan jenis segel dalam Rigging adalah proses memindahkan barang dari satu titik ke titik lain. Proses ini mencakup mengikat, mengangkat dan menarik sebuah beban bermuatan berat. PT Velasco Indonesia Persada adalah distributor terbaik untuk Anda yang segel kawat seling.

Segel wire rope juga populer dengan nama shackle. Segel berfungsi menghubungkan berbagai pengangkat seperti wire rope, rantai, dan alat lainnya. Peran segel penting, karena itu diperlukan pengetahuan yang mumpuni agar dapat menggunakan segel dengan baik dan awet. Saking pentingnya, segel sering disebut sebagai “the industry workhorse,” sebab berkat segel, sebuah barang besar dapat diangkat, ditarik dan dipindahkan.

Secara umum, segel memiliki bentuk “U” yang terbuat dari logam sangat kuat dan dihubungkan oleh sebuah baut untuk mengunci dan melepasnya. Terdapat berbagai jenis segel wire rope berdasarkan bentuk, material, dan bentuk pengunci / pelepasnya.

  1. Jenis segel wire rope berdasarkan bentuk:
  • Segel / Shackle Dee, adalah segel dengan bentuk menyerupai huruf D. Jenis ini banyak digunakan untuk lifting atau towing dengan alat bantu angkat berupa rantai atau chain sling.
  • Segel / Shackle Omega, adalah segel dengan bentuk menyerupai lambang omega atau tapal kuda. Jenis ini biasanya digunakan untuk lifting atau towing yang menggunakan alat bantu angkat berupa wire rope sling.
  • Segel / Shackle Wide Type, adalah segel dee atau segel omega dengan ukuran yang lebih besar. Jenis ini banyak digunakan untuk lifting atau towing dengan menggunakan wire rope sling yang berukuran sangat besar.

.

  1. Jenis segel wire rope berdasarkan bahan:
  • Segel / Shackle JIS Type, adalah segel dari bahan mid steel / malleable steel. Jenis ini biasa disebut juga segel galvanis atau segel dee galvanis.
  • Segel / Shackle SWL, adalah segel dari carbon steel, yaitu campuran antara material baja dan karbon, dengan karakteristik kuat dan memliki nilai breaking load.

 

  1. Jenis segel wire rope berdasarkan bentuk pengunci / pelepasnya:
  • Segel / Shackle Screw Pin, adalah segel dengan pin dengan pemutar skrup tanpa pengunci, hanya dikencangkan sampai batas maksimal. Segel screw pin tidak dapat digunakan untuk mengangkat dengan metode choker.
  • Segel / Shackle Round Pin, adalah segel dengan pengunci / pelepas berbentuk pin yang memiliki pengunci pada bagian ujung dan tanpa menggunakan ulir pengencang.
  • Segel / Shackle Bolt & Nut Type (Mur Baut), adalah segel yang menggunakan pengunci / pelepas berbentuk pin dengan pengunci berbentuk mur baut. Segel bolt & nut biasanya digunakan untuk keperluan permanen atau jangka panjang di offshore.

Demikian informasi tentang fungsi dan jenis segel. Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor yang menjual segel kawat seling berkualitas. Kami juga jual wire rope, tali tambang dan peralatan teknik lainnya dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.