0
  CONTACT US by WHATSAPP
Fungsi Aki
25
Sep
Fungsi Aki dalam Berbagai Industri
Sep 25, 2019By Velasco

Tahukah Anda bahwa listrik tidak hanya diperlukan di dalam gedung atau di rumah. Namun listrik juga diperlukan di semua alat transportasi. Nah masalahnya, dari manakah sumber listrik saat kita di kendaraan (misalnya mobil, motor, kapal, pesawat)? Nah, kalau smartphone kita menggunakan powerbank, maka sumber listrik alat transportasi berasal dari aki. Nah, jadi seperti apa sih fungsi aki? Yuk kita bahas dalam artikel berikut ini.

 

Fungsi Aki

Aki juga dikenal dengan nama lain yaitu akumulator atau alternator atau accu. Alat ini berfungsi untuk menyimpan energi listrik, untuk kemudian dapat digunakan dalam industri apa pun yang membutuhkan energi listrik portable dalam kapasitas yang cukup besar. Jadi sederhananya, aki merupakan baterai, namun memiliki kapasitas yang jauh lebih besar dari pada baterai biasa pada umumnya.

Industri yang paling banyak memanfaatkan fungsi dari aki ini adalah industri otomotif serta alat transportasi lainnya, seperti motor, mobil, kapal laut, pesawat terbang, helikopter, dll). Apakah hanya motor listrik atau mobil listrikk yang membutuhkan aki? Jawabannya tidak, segala jenis motor ataupun mobil tetap membutuhkan listrik untuk misalnya menyalakan lampu, menyalakan sistem starter, fungsi door lock yang terhubung dengan kunci kontak, menyalakan sistem informasi pada mobil atau motor, dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana dengan kapal laut dan pesawat? Fungsinya kurnang lebih sama, namun dibutuhkan kapasitas yang lebih besar dan untuk keperluan yang lebih banyak pula. Tentunya selain digunakan untuk menyalakan lampu dan sistem informasi pada kapal laut atau pesawat, sumber listrik dari aki juga diperlukan untuk kebutuhan hiburan untuk penumpang, misalnya musik atau televisi yang sering kita temukan baik di pesawat maupun di kapal laut.

Saat hendak membeli Aki, perhatikan spesifikasinya, pastikan sesuai dengan kebutuhan Anda. Serta  yang tidak kalah penting adalah belilah di distributor aki yang terpercaya agar Anda memiliki jaminan kualitas dan pelayanan yang terbaik.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor aki dan peralatan teknik lainnya seperti electro motor, atau ada juga alternator. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.