0
  CONTACT US by WHATSAPP
filter oli
22
Mar
Filter Oli dan Sistem Pelumasan Kapal
Mar 22, 2017By Velasco Indonesia

Minyak pelumas pada suatu sistem permesinan berfungsi untuk memperkecil gesekan-gesekan pada permukaan komponen-komponen yang bergerak dan bersinggungan. Selain itu minyak pelumas juga berfungsi sebagai fluida pendinginan pada beberapa motor. Karena dalam hal ini motor diesel yang digunakan termasuk dalam jenis motor dengan kapasitas pelumasan yang besar, maka system pelumasan untuk bagian-bagian atau mekanis motor dibantu dengan pompa pelumas. Sistem ini digunakan untuk mendinginkan dan melumasi engine bearing dan mendinginkan piston. Untuk menjaga sistem pelumasan tetap bekerja dengan baik, diperlukan filter oli yang baik untuk tetap menjaga kualitas oli.

filter oli

Suatu sistem pelumasan mesin yang ideal harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  1.      Memelihara film minyak yang baik pada dinding silinder sehingga mencegah keausan berlebihan pada lapisan silinder, torak dan cincin torak.
  2. Mencegah pelekatan cincin torak.
  3. Merapatkan kompressi dalam silinder.
  4. Tidak meninggalkan endapan carbon pada mahkota dan bagian atas dari torak dan dalam lubang buang serta lubang bilas.
  5. Tidak melapiskan lak pada permukaan torak atau silinder.
  6. Mencegah keausan bantalan
  7. Mencuci bagian dalam mesin
  8. Tidak membentuk lumpur, menyumbat saluran minyak, tapisan dan saringan, atau meninggalkan endapan dalam pendingin minyak
  9. Dapat digunakan dengan sembarang jenis filter oli
  10. Hemat dalam penggunaan.
  11. Memungkinkan selang waktu yang relatif lama antara penggantian.
  12. Memiliki sifat yang bagus pada start dingin.

Prinsip Kerja

Minyak pelumas dihisap dari lub. oil sump tank oleh pompa bertipe screw atau sentrifugal melalui suction filter dan dialirkan menuju main diesel engine melalui filter oli dan pendingin. Temperatur oli yang keluar dari cooler secara otomatis dikontrol pada level konstan yang ditentukan untuk memperoleh viskositas yang sesuai dengan yang diinginkan pada inlet main diesel engine. Kemudian oli dialirkan ke main engine bearing dan juga dialirkan kembali ke sump tank.

Velasco Indonesia menjual oli dan filter oli kapal berkualitas. Untuk melihat produk produk lain kami, dapat mengunjungi website kami: www.velascoindonesia.com.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut, dapat menghubungi kami melalui email yang telah kami sediakan: cso@velascoindonesia.com