0
  CONTACT US by WHATSAPP
Distributor Rantai Galvanis
02
Sep
Distributor Rantai Galvanis Jakarta
Sep 02, 2019By Velasco

Rantai sudah dikenal penggunaannya sejak dulu kala. Alat ini merupakan serangkaian benda yang umumnya terbuat dati logam dan berbentuk cincin, yang terhubung satu sama lain. Saat ini terdapat banyak jenis rantai sesuai dengan bahan dan fungsinya, kali ini kita akan membahas lengkap tentang rantai galvanis. Mulai dari kandungannya, fungsinya, hingga distributor rantai galvanis yang terpercaya.

 

Apa Itu Rantai Galvanis

Dalam dunia industri seperti perkapalan, konstruksi, otomotif dan lainnya, dikenal berbagai cara untuk membuat logam menjadi lebih tahan lama. Salah satunya adalah dengan proses galvanisasi, yaitu sebuah proses melapisi besi atau logam lainnya dengan seng atau zinc (Zn). Tujuannya adalah untuk melindungi logam agar terhindar dari korosi.

Proses galvanisasi dikenal menjadi dua jenis yaitu hot dip galvanizing dan galvanis elektroplating. Hot dip galvanizing atau galvanisasi penceplupan panas merupakan proses pelapisan yang dilakukan dengan cara mencelupkan logam dasar (contohnya besi) ke dalam larutan cair berupa seng. Dua faktor yang memengaruhi hasil pelapisan dengan cara ini adalah temperatur cairan dan waktu atau durasi pencelupan.

Selanjutnya, proses pelapisan galvanis elektroplating merupakan proses pelapisan yang dilakukan dengan cara mengalirkan listrik ke dalam treatment bath galvanize, sehingga partikel seng menempel pada permukaan material logam seperti besi atau baja. Cara mengalirkan listrik ke treatment bath yaitu dengan cara dua buah plat logam dihubungkan dengan sumber arus DC (arus searah) sehingga salah satunya menjadi kutub positif sedangkan logam yang lainnya menjadi kutub negatif. Partikel galvanis akan menempel pada logam hingga mencapai ketebalan yang diinginkan.

 

Fungsi Rantai Galvanis

Rantai galvanis memiliki fungsi dasar seperti rantai lainnya, yaitu untuk menarik, mengangkut, serta mengangkat barang berat. Namun secara spesifik, rantai ini memiliki kelebihan tahan karat, sehingga rantai galvanis banyak digunakan di industri laut lepas, misalnya di kapal, atau untuk pertambangan di tengah laut. Sebab industri di laut lepas banyak terpapar angin dan air laut yang berpotensi membuat rantai karatan karena korosi.

 

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor rantai galvanis dan peralatan insustri lainnya seperti wire rope, atau berbagai alat rigging dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.