0
  CONTACT US by WHATSAPP
Distributor Penarik Jangkar
28
Nov
Distributor Penarik Jangkar Terbaik
Nov 28, 2017By Velasco

Jangkar merupakan salah satu komponen penting pada setiap kapal yang berfungsi sebagai alat untuk menambatkan kapal agar tetap pada satu titik. Setiap jangkar memiliki beberapa bagian dan kelengkapan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain, yaitu jangkar itu sendiri, rantai jangkar, serta penarik jangkar. Dalam artikel ini akan dibahas lebih mendalam mengenai jenis dan fungsi penarik jangkar. Apabila anda membutuhkan penarik jangkar berkualitas, PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor penarik jangkar dengan kualitas dan pelayanan terbaik.

Distributor Penarik Jangkar

Penarik jangkar atau windlass adalah alat yang digunakan untuk menarik dan mengulur rantai jangkar. Sebuah penarik jangkar yang baik harus memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut:
– Memiliki kemampuan untuk dapat menarik jangkar beserta rantainya sekalipun jangkar dalam posisi tertancap di dasar laut.
– Dapat mengatur kecepatan saat menarik dan melepaskan jangkar beserta rantainya.

Sementara untuk jenis penarik jangkar berdasarkan porosnya, terdapat 2 jenis yaitu penarik jangkar horizontal dan penarik jangkar vertikal.
– Horizontal windlass. Penarik jangkar jenis ini memiliki poros dengan arah horizontal terhadap deck kapal. Horizontal windlass dapat dijalankan dengan motor penggerak hidrolis, motor listrik atau uap. Umumnya penarik jangkar tipe ini biaya pemasangannya murah namun perawatannya lebih sulit karena posisinya yang terpapar langsung dengan udara di luar kapal sehingga rawan rusak.
– Vertical Windlass. Penarik jangkar yang satu ini memiliki poros dengan arah vertical terhadap deck kapal. Motor penggerak vertical windlass ini dilengkapi dengan gigi, rem dan komponen lain yang terletak di bawah deck. Oleh karena itu, penarik jangkar jenis ini terlindung dari udara luar sehingga perawatannya lebih mudah.

Berdasarkan mesin penggeraknya, penarik jangkar dibagi menjadi:
– Penarik jangkar bertenaga uap. Windlass jenis ini umumnya dipakai di kapal tanker untuk menggerakkan horizontal windlass. Penarik jangkar dengan tipe ini memiliki beberapa kelebihan, antara lain lebih mudah mengoperasikannya, dapat meminimalisir kemungkinan bahaya kebakaran pada kapal tanker, serta dapat dijalankan dengan kecepatan yang tinggi.
– Penarik jangkar bertenaga listrik & electrical hydraulic system. Windlass dengan tenaga listrik menggunakan motor DC untuk memudahkan kontrol terhadap kecepatan. Sementara untuk windlass dengan electrical hydraulic system, kita memiliki kontrol penuh atas kecepatan menarik dan melepaskan rantai jangkar serta dapat menjamin keamanan terhadap hentakan di poros transmisi dan roda gigi. Dalam kapal-kapal tertentu kombinasi antara kedua sistem ini digunakan agar apabila ada kerusakan pada sistem yang satu, maka sistem yang lain dapat menggantikan.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor penarik jangkar atau windlass dan peralatan teknik lainnya dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.