0
  CONTACT US by WHATSAPP
Distributor Alat Piroteknik
24
Jun
Distributor Alat Piroteknik Kapal
Jun 24, 2018By Velasco

Tentu Anda familiar dengan kembang api, baik yang besar seperti yang sering terlihat setiap kali ada perayaan tahun baru, ataupun kembang api kecil yang dapat kita pegang. Kembang api bekerja dengan sistem piroteknik. Sistem sejenis ini pula yang digunakan pada alat pemberi sinyal permintaan pertolongan di saat terjadi kecelakaan di laut, misalnya red hand flare, smoke signal dan masih banyak lagi. Semua alat pemberi sinyal tersebut dapat Anda pesan melalui PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor alat piroteknik kapal terpercaya.

Piroteknik itu sendiri adalah reaksi kimia yang dapat menghasilkan ledakan, nyala api, gas, asap, serta suara. Jadi, alat piroteknik kapal merupakan contoh alat safety yang berfungsi untuk mengirim sinyal tanda bahaya ke kapal lain agar bisa mendapatkan pertolongan. Sinyal tersebut dapat berupa ledakan, nyala api, atau asap yang mudah terlihat.

Kecelakaan di kapal dapat terjadi tanpa terduga. Karena itu keberadaan alat safety sangat penting pada setiap sudut kapal. Beberapa contoh alat piroteknik kapal antara lain red hand flare, smoke signal, man over board, line throwing dan rocket parachute signal. Masing-masing alat tersebut memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, namun semuanya memiliki satu tujuan yaitu untuk mengirimkan sinyal tanda bahaya saat terjadi situasi darurat.

Red Hand Flare dan Smoke Signal

Red hand flare mengeluarkan flare api dengan warna merah menyala yang biasanya dipegang di tangan. Sementara smoke signal mengeluarkan asap berwarna oranye dan biasanya tidak dipegang namun dilepaskan di laut. Smoke signal lebih cocok digunakan waktu malam hari, sementara red hand flare lebih sesuai digunakan di siang hari.

Man Over Board (MOB)

Man over board mengeluarkan sinyal asap berwarna oranye, namun bentuknya berbeda dari yang lain. Man over board atau sering disebut dengan MOB biasanya dihubungkan dengan tali ke sebuah life buoy. Cara penggunaannya adalah dengan melemparkan life buoy ke korban di tengah laut. Dengan demikian MOB juga ikut terlempar. Sehingga selain memberikan pertolongan pertama kepada korban dengan life buoy, MOB akan mengeluarkan sinyal asap berwarna oranye untuk menandakan posisi korban.

Rocket Parachute Signal

Alat ini meluncurkan sinyal berupa nyala api berwarna merah ke atas, seperti roket, selama beberapa detik. Tujuannya adalah untuk memberikan sinyal tanda bahaya ke area yang lebih luas, sehingga memperbesar kemungkinan sinyal tersebut diterima oleh kapal terdekat.

Line Throwing

Line throwing merupakan gulungan tali yang memiliki roket kecil di bagian ujungnya. Roket ini berfungsi untuk meluncurkan tali ke arah korban yang berada di tengah laut. Roket bisa meluncur hingga sejauh 230 meter. Diharapkan korban dapat menangkap tali tersebut sehingga dapat ditarik ke kapal penyelamat.

Semua penggunaan alat safety pada kapal seperti alat piroteknik kapal ini diatur dalam ketentuan Safety of Life at Sea atau SOLAS. Karena alat ini sangat penting, maka Anda harus membeli dari distributor alat piroteknik terpercaya seperti PT Velasco Indonesia.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor alat piroteknik dengan pelayanan terbaik. Kami jual alat piroteknik bergaransi merk Good Brother untuk menjamin kualitas dan keasliannya. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.