0
  CONTACT US by WHATSAPP
Kecelakaan Kapal
16
Aug
Daftar Kecelakaan Kapal Terparah Sepanjang Masa
Aug 16, 2019By Velasco

Kapal laut hingga saat ini masih menjadi alat transportasi andalan bagi beberapa pihak. Kapal laut juga digunakan sebagai tempat bekerja bagi sebagian orang. Sementara itu, setiap pekerjaan memiliki resiko kecelakaan, termasuk di kapal laut. Berikut ini daftar 10 kecelakaan kapal terburuk sepanjang masa yang dirangkum dari berbagai sumber.

  1. Titanic

Selain merupakan kecelakaan terburuk, Titanic bisa jadi juga merupakaan kecelakaan kapal yang paling populer. Hingga Hollywood membuatkannya film khusus dan berhasil menduduki peringkat pertama film terlaris selama beberapa tahun, sebelum akhirnya tergeser oleh sekuel Avengers. Kapal Titanic merupakan kapal terbesar dan termewah pada masanya. Kapal ini menemui nasib buruknya saat berlayar meninggalkan Southampton ke arah barat menuju New York. Pada 14 April 1912 jelang tengah malam, tepatnya 4 hari pasca pelayaran, Titanic menabrak sebuah gunung es sehingga membuat pelat lambung Titanic melengkung ke dalam dam mengoyak kompartemen kedap airnya. Mulai dari situ, secara perlahan kapal terisi air. Para penumpang sudah berusaha diselamatkan, namun kenyataannya tidak dapat menyelamatkan semua orang.

Saat itu pencatatan penumpang kapal belum canggih, sehingga jumlah korban jiwa pun belum diketahui persis akibat berbagai faktor. Namun laporan dari Board of Trade Britania Raya mencatat ada 1.514 korban tewas dalam tragedi Titanic.

 

  1. Dona Paz

Kapal Dona Paz merupakan kapal feri milik Filipina yang digunakan untuk mengangkut penumpang. Tragedi mengerikan terjadi menjelang Natal, tepatnya pada 20 Desember 1987. Kapal Dona Paz bertubrukan dengan tanker Vector yang sedang mengangkut minyak sebanyak 8.300 barel. Tabrakan tersebut mengakibatkan ribuan gallon minyak tumpah ke laut dan menimbulkan ledakan besar api berkobar di mana-mana. Tragisnya, kapal Dona Paz sedang mengangkut ribuan penumpang yang hendak pulang kampung untuk merayakan Natal. Kurang lebih terdapat 4.000 korban dalam kecelakaan ini.

 

  1. Tampomas II

Dari dalam negeri, salah satu kecelakaan kapal memakan banyak korban jiwa adalah musibah kapal Tampomas II. Kapal yang dimiliki oleh Pelni ini mengalami kebocoran bahan bakar sehingga memicu terjadinya kebakaran yang menyebar hingga ke seluruh bagian kapal. peristiwa nahas ini terjadi pada 27 Januari 1981. Regu penyelamat memperkirakan ada 431 orang tewas, namun sumber lain mencatat angka korban yang lebih besar, mengingat banyaknya penumpang gelap yang ikut naik ke kapal tersebut.

Demikian daftar 3 kecelakaan kapal terburuk sepanjang masa. Walau kita tidak dapat mencegah takdir, namun sesungguhnya kecelakaan kapal dapat dicegah apabila memiliki alat keselamatan kapal yang memadai. Berikut ini beberapa contoh alat safety kapal yang harus dimiliki setiap kapal.

Nah, baik sebagai penumpang maupun pemilik kapal, Anda wajib mengecek apakah kapal yang Anda miliki/naiki memiliki sejumlah alat keselamatan kapal tersebut.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada, kami jual alat keselamatan kapal merk Good Brother disertai sertifikat untuk menjamin kualitas dan keasliannya. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.