0
  CONTACT US by WHATSAPP
cara menjangkarkan sebuah kapal
13
Nov
Cara Menjangkarkan sebuah Kapal
Nov 13, 2016By Velasco Indonesia

Bagaimana cara menjangkarkan sebuah kapal? Menjangkarkan sebuah kapal dengan benar ketika anda menginginkannya untuk tetap berada tetap di posisinya. Bacalah petunjuk berikut untuk mempelajari bagaimana cara menjangkarkan sebuah kapal anda dengan aman dan efektif. Pastikan anda memahami keseluruhan proses, terutama petunjuk mengenai Memilih Tempat untuk Jangkar, “sebelum” anda menjatuhkan jangkar anda. Bahkan jika anda mempunyai beberapa jangkar, membaca atau hanya melihat sekilas bagian Memilih sebuah Jangkar akan memberikan anda informasi berharga tentang kapan saat menggunakan untuk tiap jenisnya, dan bagaimana mengevaluasi kualitas jangkar, tali, dan rantai. Inilah cara menjangkarkan sebuah kapal:

cara menjangkarkan sebuah kapal

1. Pertimbangkan tujuan umum jangkar Fluke.
Jangkar Fluke atau Danforth kurang mengandalkan pada beratnya daripada desainnya, yang terdiri dari dua Fluke pipih dan runcing yang memanjang dengan sudut 300 dari batang jangkar. Jangkar ini salah satu desain terpopuler di pasaran, bisa di lumpur lunak atau pasir kasar, dan memiliki daya menahan yang lebih kuat berbanding dengan beratnya daripada jenis-jenis lain. Tetapi, bentuk Fluke yang lebar mungkin dapat mencegahnya dari sampai ke dasar laut dalam arus yang kuat, dan seperti kebanyakan jangkar lainnya, jangkar ini akan mengalami kesulitan mengait pada bebatuan dan dan dasar laut yang keras lainnya.

  • Variasi alumunium dari desain Danforth, seperti Fortress yang memiliki daya cengkeram yang sangat baik. Beberapa jenis ini juga memiliki Fluke yang bisa disesuaikan, yang bisa dibuat menjadi lebih lebar ketika menjangkar di lumpur lunak. Fluke aluminium yang besar mungkin bagus sebagai jangkar dalam badai
2. Gunakan beberapa jangkar untuk tujuan yang berbeba. Tergantung tujuan anda menggunakan kapal, anda mungkin ingin beberapa jenis jangkar dengan ukuran yang berbeda. Jangkar utama anda berguna untuk mempertahankan lokasi memancing dan kebanyakan tujuan lainnya. Sebuah jangkar atau dua buah dengan ukuran lebih kecil yang mudah untuk diturunkan dan dinaikkan baik untuk berhenti untuk makan atau istirahat sejenak lainnya. Sebuah atau dua buah jangkar badai dengan ukuran lebih besar sebaiknya dimiliki untuk diturunkan saat cuaca buruk atau perhentian semalaman. Tambahan, akan selalu baik jika setidaknya memiliki satu cadangan jangkar kelas berat jika anda kehilangan jangkar anda, atau untuk situasi dimana memakai dua jangkar adalah hal yang bijak.

  • Anda harus selalu mengikuti rekomendasi dari pabrik kapal anda ketika memilih ukuran jangkar. Tetapi, daftar kasar ukuran jangkar bisa ditemukan di bawah ini. Beli jangkar yang lebih besar daripada yang disarankan jika anda memiliki total berat kapal yang tidak biasa.
  • Ketika ragu, belilah jangkar yang lebih besar. Ukuran fisik merupakan indikator yang lebih penting daripada berat, walaupun keduanya relevan.
3. Gunakan jangkar berkualitas tinggi. Jangkar penting untuk keselamatan anda, dan anda sebaiknya membeli jangkar terbaik yang sanggup anda beli. Periksa setiap jangkar dari karat, tidak rata, atau pecah pada jalur las, dan kerusakan lain pada logam sebelum membeli.
4. Pastikan anda memiliki paku geladak atau penggulung jangkar yang cocok untuk jangkar anda. Anda mungkin memiliki penggulung haluan yang terpasang di kapal anda dimana anda bisa menyimpan dan menempelkan jangkar anda, tetapi waspadalah karena setiap penggulung hanya cocok untuk jenis-jenis jangkar tertentu. Selain itu, pastikan anda memiliki paku geladak yang kuat dan kokoh untuk mengikat tali jangkar.
5. Pertimbangkan menggunakan kedua bahan. Sebuah tunggangan jangkar dibentuk dari panjang tali dan rantai yang masing-masing memberikan beberapa kelebihan dan kekurangan, namun membutuhkan tambahan sendi penyangga untuk menjaga panjang keduanya tetap kencang. Pada akhirnya, diskusi rantai dan tali memiliki banyak faktor yang mempengaruhi, dan anda mungkin menginginkan pemilik kapal yang berpengalaman untuk membantu anda membuat keputusan.

  • Jika anda menggunakan tunggangan yang terdiri dari rantai seluruhnya, tetap merupakan ide yang baik untuk mengikatkan tali nylon “snubbing line” untuk membuat tunggangan menjadi lebih berat dan elastis. Salah satu ujung dari tali ini diikatkan ke paku haluan pada kapal, sedangkan sebuah alat pengait rantai khusus mengikatkan ujung lainnya ke rantai dengan panjang 4 kaki (1.2m) atau lebih dari tempat rantai terikat pada haluan.[
6. Pertimbangkan menggunakan kedua bahan. Sebuah tunggangan jangkar dibentuk dari panjang tali dan rantai yang masing-masing memberikan beberapa kelebihan dan kekurangan, namun membutuhkan tambahan sendi penyangga untuk menjaga panjang keduanya tetap kencang. Pada akhirnya, diskusi rantai dan tali memiliki banyak faktor yang mempengaruhi, dan anda mungkin menginginkan pemilik kapal yang berpengalaman untuk membantu anda membuat keputusan.

  • Jika anda menggunakan tunggangan yang terdiri dari rantai seluruhnya, tetap merupakan ide yang baik untuk mengikatkan tali nylon “snubbing line” untuk membuat tunggangan menjadi lebih berat dan elastis. Salah satu ujung dari tali ini diikatkan ke paku haluan pada kapal, sedangkan sebuah alat pengait rantai khusus mengikatkan ujung lainnya ke rantai dengan panjang 4 kaki (1.2m) atau lebih dari tempat rantai terikat pada haluan.

Beginilah cara menjangkarkan sebuah kapal