0
  CONTACT US by WHATSAPP
Kekuatan Kawat Seling
19
Dec
Cara Menghitung Kekuatan Kawat Seling
Dec 19, 2018By Velasco

Dalam industri yang melibatkan pengangkutan barang berat, wire rope sling atau kawat seling sudah umum digunakan sebagai tali utama untuk mengangkut barang berat. Kawat seling memang populer digunakan untuk aplikasi lifting (mengangkut) barang, namun berapa kekuatan kawat seling perlu dihitung terlebih dahulu sebelum digunakan, agar tidak terjadi beban overload yang dapat merusak alat dan membahayakan pekerja.

Kekuatan kawat seling berbeda-beda, dan terdapat berbagai faktor yang dapat membedakannya. Beberapa faktor yang mempengaruhi kekuatan kawat seling adalah diameter, grade, konstruksi, serta cara menggunakan kawat seling tersebut. Cara atau metode penggunaan kawat seling meliputi jumlah kawat seling yang digunakan dan sudut sling (sling angle) saat digunakan mengangkut beban. Misalnya adalah single leg sling, atau kawat seling satu kaki, yaitu vertical, choker, dan basket. Contoh lain adalah multiple leg slings atau penggunaan lebih dari satu kawat seling.

Sling angle atau sudut sling perlu diperhatikan karena mempengaruhi kapasitas beban yang sanggup diangkut. Sudut sling yang semakit sempit membuat tekanan atau ketegangan semakin tinggi, sehingga dapat mengurangi kekuatan kawat seling dalam mengangkut beban.

Kekuatan Wire Rope

Kawat seling dengan sudut di bawah 45 derajat tidak direkomendasikan, sementara sudut di bawah 30 derajat sebaiknya dihindari. Satuan kekuatan kawat seling dikenal dengan sebutan working load limit (WLL) atau safe working load (SWL), biasanya dihitung dengan satuan ton. Pastikan beban yang hendak diangkut tidak melebihi kekuatan kawat seling, jangan juga terlalu pas. Ini penting untuk menjaga kualitas kawat seling agar tetap awet.

Kekuatan kawat seling dapat dilihat dalam tabel berikut ini:

Kekuatan Wire Rope

Selanjutnya penting untuk merawat kawat seling agar tahan lama dan tidak mudah rusak. Lakukan pemeriksaan rutin untuk dapat mengetahui kondisi kawat seling, segeralah ganti kawat seling apabila sudah tidak layak digunakan.

Silahkan kontak PT Velasco Indonesia Persada, kami jual kawat seling asli bersertifikat dengan pelayanan terbaik. Kami juga menyediakan berbagai macam alat rigging sesuai kebutuhan Anda. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.