0
  CONTACT US by WHATSAPP
30
Mar
Cara Menggunakan Turnbuckle
Mar 30, 2018By Velasco

Turnbuckle adalah salah satu alat dalam aplikasi rigging untuk mengatur dan menyesuaikan ketegangan sling saat sedang dilakukan aplikasi menarik (towing) atau mengangkat (lifting) sebuah beban. Turnbuckle terdiri dari beberapa bentuk ujung. Tipe-tipe bentuk ujung tersebut yaitu eye, jaw, dan hook. Turnbuckle memliki beberapa bentuk berdasarkan kombinasi bentuk ujungnya seperti eyeeye, jawjaw, jaweye, dan hookhook. Cara menggunakan turnbuckle tergantung pada jenisnya.

Jual Turnbuckle Crosby

Turnbuckle eyeeye

Turnbuckle berbentuk eyeeye dirancang agar shackle dapat terkait pada kedua ujungnya. Oleh karenanya bentuk ujung Turnbuckle tipe ini seperti lubang pada mata jarum jahit tetapi dengan ukuran yang lebih besar. Cara meggunakan turnbuckle jenis ini yaitu sebuah tali yang memiliki ujung berbentuk shackle dikaitkan di masing-masing ujung turnbuckle. Pastikan shackle benar-benar terkait dengan turnbuckle.

Turnbuckle jawjaw

Turnbuckle tipe jawjaw memiliki  bentuk seperti rahang atau huruf “U” yang tersambung oleh sebuah pin, di masing-masing ujungnya. Tipe ini dapat digunakan dengan beberapa cara seperti dengan langsung menyambungkannya dengan sling. Cara lainnya yaitu dengan menyambungkannya dengan rahang lain yang tersemat pada pengangkat lain atau pada beban.

Turnbuckle jaweye

Turnbuckle tipe jaweye memiliki kegunaan yang cukup fleksibel. Namun perlu diperhatikan bahwa tipe ini hanya dapat dipakai jika aplikasi pengangkatanya memiliki titik angkat yang tetap atau pada proses lifting beban yang rumit. Turnbuckle lain akan dipasang pada ujung yang berbentuk jaw. Dan shackle dipasang pada ujung lain yang berbentuk eye.

Turnbuckle hookhook

Turnbuckle tipe hookhook pada umumnya digunakan pada aplikasi guywire. Tipe ini digunakan karena mudah di dipasang dan dikencangkan. Dengan dapat dikencangkan, keuntungan yang diperoleh yaitu sling dapat bertambah panjang. Namun demikian, penggunaan tipe ini lebih berisiko karena jumlah kait pengaman yang digunakan sedikit. Pada saat proses pengangkatan. sling harus tetap dalam keadaan tegang. Jika sling renggang, akan berpotensi sambungannya terlepas.

Setelah memahami cara menggunakan turnbuckle, pastikan Anda membeli turnbuckle dari distributor yang terpercaya.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor turnbuckle berkualitas. Kami juga menjual wire rope, life-saving equipment dan peralatan teknik lainnya dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.