0
  CONTACT US by WHATSAPP
Tanda Freon Habis
19
Feb
Cara Mengetahui Tanda Freon Habis
Feb 19, 2018By Velasco

Sebuah pendingin ruangan atau Air Conditioner (AC) tidak akan bermanfaat tanpa adanya Freon. Tanpa Freon, AC hanya akan bekerja seperti kipas angin. Suhu ruangan tidak akan berubah atau menjadi lebih sejuk atau tidak akan menjadi lebih bersih. Ibarat tubuh, Freon merupakan darah dari sebuah AC. Tanda Freon habis harus dipahami agar tidak bingung saat AC sedang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Tanda Freon Habis

Kekurangan Freon tidak hanya berdampak pada suhu ruangan tetapi juga pada perangkat AC itu sendiri. AC dapat rusak jika kekurangan Freon. Seperti tubuh yang mengalami kurang darah. Oleh karena itu, agar suhu ruangan tetap sejuk dan untuk menghindari kerusakan pada AC, kita perlu mengetahui tanda Freon habis.

Berikut ini lima tanda Freon habis:
1. Butuh waktu lama agar ruangan menjadi dingin atau sejuk
Jika setelah AC dinyalakan, suhu ruangan butuh waktu lebih lama dari biasanya agar menjadi dingin, AC mungkin kekurangan Freon. Hal ini terjadi karena Freon lah yang berfungsi menyerap panas udara ruangan. Tanpa Freon dengan level yang dibutuhkan, AC tidak dapat menyerap cukup udara panas untuk mendinginkan udara dengan baik. Freon bekerja seperti spons panas, semakin kecil sponsnya, semakin sedikit panas yang bisa diserapnya.

2. AC menghembuskan udara hangat
Pada saat level Freon AC benar-benar rendah, Kita akan merasakan bahwa ventilasi AC menghembuskan udara hangat, bukan udara dingin. Dengan begitu, kita akan paham mengapa udara di ruangan kita butuh waktu yang lama untuk dingin.

3. Tagihan listrik lebih tinggi dari biasanya
AC yang membutuhkan waktu lebih lama untuk mendinginkan udara ruangan karena kekurangan Freon akan menyebabkan tagihan listrik kita meningkat.

4. Penumpukan es pada saluran atau pipa freon (saluran tembaga antara unit AC luar dan unit dalam)
Perhatikan unit AC luar (yang memiliki kipas berputar). Pada saat level Freon rendah, kita akan melihat es di jalur refrigerant tembaga antara unit AC luar dan unit dalam. Es yang terbentuk disebabkan oleh koil evaporator unit AC bagian dalam menjadi terlalu dingin. Freon cair yang dingin mengalir kembali ke jalur refrigerant. Hal ini menimbulkan udara di sekitar saluran membeku.
Freon cair dingin yang mengalir ke kompresor akan merusak kompresor unit luar yang adalah “jantung” AC. Karena cairan tidak bisa dikompres, Freon cair dingin yang mengalir ke kompresor akan cepat berubah menjadi ribuan pon tekanan hidrolik. Akibatnya katup, batang, atau bagian AC luar lainnya akan rusak.

5. Timbul suara mendesis / mendidih
Jika level Freon yang rendah disebabkan oleh kebocoran Freon, kita akan mendengar suara mendesis. Suara ini terjadi akibat lepasnya gas Freon ke udara.

Sangat penting untuk kita ingat, sadari dan lakukan yaitu bahwa saat kita harus mengganti Freon yang habis, jangan kerjakan sendiri. Panggillah teknisi AC professional untuk mengerjakannya!

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor Freon berkualitas dengan pelayanan terbaik. Kami juga jual chemical product lainnya seperti electrical cleaner, contact cleaner, dan lain sebagainya. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.