0
  CONTACT US by WHATSAPP
Cara Memadamkan Api
08
Oct
Cara Memadamkan Api dengan Fire Blanket
Oct 08, 2018By Velasco

Musibah kebakaran dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Karena itu sangat penting untuk meletakkan fire fighting equipment di beberapa tempat. Salah satu fire fighting equipment yang paling sederhana adalah fire blanket, sebuah selimut pemadam api. Cara memadamkan api dengan fire blanket pun mudah, asalkan dilakukan dengan hati-hati, pasti berhasil.

Sebelum masuk pada penjelasan mengenai cara memadamkan api dengan fire blanket, perlu dipahami bahwa fire blanket adalah selimut tahan api yang digunakan untuk memadamkan api pada tahap awal. Jadi sebelum api membesar, fire blanket dapat digunakan. Namun kalau api sudah melebar melebihi lebar fire blanket, maka diperlukan APAR dan peralatan pemadam lainnya untuk memadamkan api.

Fire blanket terbuat dari kain tahan api (wol, serat kaca, serat aramid, dll) dan dilapisi dengan bahan kimia pelarut air. Bentuknya seperti selimut berwarna putih yang dilindungi dengan cover berwarna merah. Cara kerja fire blanket adalah dengan menutup sumber oksigen sehingga api dapat padam otomatis karena tidak mendapat suplai oksigen.

Fire blanket hanya bisa digunakan untuk kebakaran yang terjadi pada benda padat (seperti kayu, kertas, plastik, dll), atau dari cairan mudah terbakar (seperti bensin, thiner, dll), serta bahan padat dan cair (seperti minyak, lemak, dll). Ada juga fire blanket yang dapat memadamkan api akibat korslet listrik. Namun alat ini tidak dapat digunakan untuk memadamkan api dari gas mudah terbakar serta logam.

Cara Memadamkan Api

  • Lepaskan fire blanket dari tempatnya dengan menarik pegangan hitam yang menempel pada fire blanket.
  • Lebarkan fire blanket kemudian arahkan ke sumber api.
  • Tutup sumber api dengan fire blanket. Pastikan tertutup dengan sempurna sehingga udara tidak dapat masuk.
  • Saat meletakkan fire blanket ke sumber api, harus dilakukan dengan yakin tanpa ragu-ragu. Jangan melempar fire blanket ke sumber api karena dapat meleset.
  • Untuk memadamkan api yang membakar tubuh seseorang: bungkus tubuh korban dengan fire blanket kemudian gulingkan.

Lebih jelasnya dapat dilihat pada video berikut ini:

Silahkan kontak PT Velasco Indonesia Persada, kami adalah distributor fire blanket berkualitas dengan pelayanan terbaik. Kami juga jual fire fighting equipment lainnya seperti APAR dan fire hose. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.