0
  CONTACT US by WHATSAPP
Fungsi GPS
27
Sep
Berbagai Macam Fungsi GPS Alat Navigasi
Sep 27, 2019By Velasco

Mau ke mana? Anda dapat ke mana saja dengan menggunakan GPS. Sebab fungsi GPS adalah untuk memberikan panduan perjalanan hingga sampai ke tempat tujuan. Baik di darat, laut, maupun udara, GPS dapat diandalkan dalam memberi arahan ke tujuan.

 

Fungsi GPS

GPS itu sendiri merupakan kependekan dari Global Positioning System, yaitu sistem navigasi yang mengandalkan satelit. Melalui sistem ini, pengguna dapat melihat permukaan bumi dari atas, sehingga dari situ dapat ditemukan jalur menuju tempat yang hendak dituju. Fungsi dari sistem GPS ini digunakan tidak hanya untuk transportasi, tapi juga di dunia kemaritiman dan pertahanan.

Secara sederhana, GPS bekerja dengan menggunakan satelit, stasiun kontrol, serta penerima (receiver). Cara kerjanya adalah sebagai berikut, GPS receiver mendapat informasi lokasi melalui data yang ditransmisikan oleh satelit. Nah, dari situ [erangkat penerima (GPS receiver) dapat memberi informasi mengenai posisinya sendiri dengan memakai data dari satelit yang telah disimpannya itu.

Saat ini GPS semakin canggih. Tidak hanya dapat menentukan rute dari titik asal ke titik tujuan, GPS juga dapat memprediksi lama waktu tempuh, tentunya dengan mempertimbangkan kemacetan di beberapa titik. Sementara untuk GPS di laut, alat ini dapat dilengkapi dengan fitur fish finder untuk memudahkan nelayan menangkap ikan. Selain itu juga dapat memberi informasi tentang kedalaman laut serta beberapa informasi lain.

Perangkat GPS punya beberapa bentuk, ada yang seperti handphone (untuk dibawa berpergian), ada juga yang berbentuk seperti televisi kecil dilengkapi dengan beberapa tombol di samping layar. Setiap kendaraan memiliki spesifikasi alat GPS yang berbeda-beda. Jadi alat GPS untuk kapal tidak akan cocok dipakai di pesawat atau di mobil, begitu pula GPS di pesawat tidak sesuai digunakan di kendaraan lain. Jadi sekalipun fungsi utamanya sama, namun setiap GPS setiap kendaraan memiliki fitur yangj berbeda-beda. Jadi sebelum membeli, pastikan Anda tidak salah pilih GPS, serta tidak salah pilih distributor.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor GPS dan peralatan teknik lainnya seperti electro motor, atau ada juga alternator. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.