0
  CONTACT US by WHATSAPP
berbagai jenis anemometer
19
Apr
Berbagai Jenis Anemometer
Apr 19, 2017By Velasco Indonesia

Anemometer adalah sebuah alat pengukur kecepatan angin yang banyak dipakai dalam bidang Meteorologi dan Geofisika atau stasiun prakiraan cuaca. Nama alat ini berasal dari kata Yunani anemos yang berarti angin. Terdapat berbagai jenis anemometer.

berbagai jenis anemometer

 

1. Velocity Anemometer.

Berbagai jenis anemometer velocity adalah:

Cup Anemometer.

Anemometer tipe ini dibuat oceh Dr John Thomas Romney Robinson pada tahun 1846, ia berasal dari Armagh Observatory. Jenis ini terdiri dari 3 cup setengah lingkaran serta terpasang di setiap ujung gagang horizontal. Aliran udara akan melewati setiap cup serta akan memutar setiap gagang horizontal. Cup Anemometers biasanya dipakai untuk standar industri dalam penilaian studi sumber daya angin.

Windmill Anemometer.

Anemmeter ini berbentuk kincir angin atau baling-baling berbentuk panjang vertikal. Bentuk lain dari anemometer adalah bentuk kincir angin atau baling-baling. Berbentuk panjang vertikal. Dalam kasus di mana arah pergerakkan angin selalu sama, seperti dalam poros ventilasi tambang dan bangunan misalnya, baling-baling angin, yang dikenal sebagai meter air dapat memberikan hasil yang paling memuaskan.

Hot-wire Anemometer.

Anemometers ini memakai kawat halus yang dipanaskan. Udara akan mengalir melewati kawat yang mempunyai efek pendinginan terhadap kawat. Hot-wire Anemometer mempunyai frekuensi respon yang amat tinggi serta resolusi spasial yang baik jika dibandingkan metode pengukuran lainnya.

Laser Doppler Anemometer.

Anemometer jenis ini memakai sinar cahaya berasal dari laser yang terbagi menjadi dua balok. Anemometer jenis ini dipakai untuk menghitung kecepatan partikel udara yang berada di sekitar anemometer.

Sonic Anemometers.

Sonic Anemometer dikembangkan pertama kali tahun 1950. Anemometer jenis ini memakai gelombang suara ultrasonik punuk mengukur kecepatan angin.

Acoustic Resonance Anemometer.

Anemometer jenis ini diciptakan oleh Dr Savvas Kapartis serta dipatenkan oleh FT Teknologi tahun 2000. Anemometers sonic konvensional bergantung kepada waktu pengukuran penerbangan.

Ping Pong Ball Anemometers

Alat ini dirancang berdasarkan bola ping pong yang menempel pada string. sewaktu angin bertiup, ia menekan serta menggerakkan bola, karena bola ping-pong sangat ringan, maka bola ping-pong bisa bergerak dengan mudah walaupun angin yang bertiup sangat kecil.

2. Pressure Anemometer.

Berbagai jenis anemometer pressure adalah:

Plate Anemometers
Anemometer ini digunakan pada area yang tinggi sebab berbentuk pelat yang mempunyai hasil pengukuran yang baik terhadap ketinggian yang lebih tinggi.

Tube Anemometers.

Anemometer jenis ini terdiri dari kaca tabung berbentuk U yang berisikan cairan manometer atau pengukur tekanan, pada salah satu bagian ujungnya membungkuk dalam arah horizontal untuk menghadapi angin serta ujung vertikal yang lainnya tetap sejajar dengan aliran angin. Apabila angin bertiup ke dalam mulut tabung, maka akan meningkatkan tekanan pada satu sisi manometer dan perubahan cairan yang dihasilkan tabung U tersebut merupakan indikasi kecepatan angin.

PT Velasco Indonesia menyediakan berbagai peralatan keselamatan kapal dan berbagai jenis anemometer. Untuk melihat berbagai produk kami, dapat mengunjungi website kami: www.velascoindonesia.com

Jika ada pertanyaan lebih lanjut, dapat menghubungi kami melalui email yang telah kami sediakan: cso@velascoindonesia.com