0
  CONTACT US by WHATSAPP
Jenis Alat Navigasi Kapal
21
Jan
Berbagai Jenis Alat Navigasi Kapal
Jan 21, 2019By Velasco

Berlayar di tengah laut membutuhkan alat navigasi kapal yang handal untuk membantu nahkoda mengarahkan kapal ke jalur yang tepat. Saat ini alat navigasi sudah semakin canggih dengan beragam fitur tambahan. Semua itu tersedia di PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor berbagai jenis alat navigasi kapal yang dapat dipercaya.

Beberapa jenis alat navigasi kapal yang kami sediakan antara lain:

  1. Magnetic Compass: yaitu alat penunjuk arah mata angin.
  2. Marine GPS Navigator: yaitu seperangkat sistem navigasi GPS (Global Positioning System) berbasis satelit yang khusus didesain untuk keperluan kapal. Tidak hanya dapat menunjukkan arah, alat ini juga dapat menginformasikan kondisi laut seperti kedalaman, arus, dll.
  3. Marine Radar: yaitu alat bantu navigasi yang berfungsi untuk menentukan posisi kapal dan mendeteksi resiko adanya tubrukan selama berlayar.

Berbagai alat navigasi tersebut membutuhkan alat pendukung, beberapa di antaranya digunakan dalam keadaan darurat, seperti:

  1. Epirb: alias Emergency Position Indicating Radio Beacon yaitu sebuah radio pengirim sinyal yang digunakan dalam keadaan darurat, fungsinya adalah agar kapal dapat tetap terhubung ke darat sehingga memudahkan pencarian.
  2. Lampu Navigasi: diletakkan di atas kapal, berfungsi sebagai penentu arah, posisi dan jenis kapal.
  3. Lampu Peta: yaitu lampu khusus untuk membantu membaca peta.
  4. Lampu Sinyal: yaitu lampu yang diletakkan di atas kapal, berfungsi untuk mengirimkan kode-kode isyarat berupa cahaya.
  5. Marine Intercom: yaitu alat komunikasi antar ruang di dalam kapal untuk memudahkan koordinasi antar awak kapal.
  6. Satellite Phone: yaitu alat komunikasi menggunakan sinyal satelit.
  7. Sart: alias Search and Rescue Radar Transponder, yaitu sarana dalam GMDSS yang berfungsi untuk membantu pencarian sekoci dalam keadaan darurat.
  8. Lampu Pendant: yaitu lampu yang didesain sebagai alat penerang di dalam kapal.
  9. Lampu Sorot: yaitu lampu khusus di kapal yang digunakan pada malam hari, fungsinya adalah untuk menerangi jalur yang akan dilalui kapal.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada, kami jual berbagai jenis alat navigasi kapal berkualitas tinggi dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.