0
  CONTACT US by WHATSAPP
Jenis Electro Motor
20
Apr
Mengenal Jenis Jenis Electro Motor
Apr 20, 2019By Velasco

Electro motor atau juga dikenal dengan sebutan motor listrik adalah sebuah alat yang dirancang untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Alat ini banyak terdapat pada berbagai peralatan elektronik sehari-hari di sekitar kita, misalnya kipas angin, pompa air, blender, mainan anak, dan masih banyak lagi. Terdapat beberapa jenis electro motor berdasarkan jenis arusnya.

Secara umum, jenis electro motor dapat dibagi menjadi 2, yaitu electro motor DC dan electro motor AC. Kemudian kedua jenis electro motor tersebut dapat dipisahkan lagi menjadi beberapa jenis. Kurang lebih jenis-jenis electro motor tersebut dapat digambarkan dalam diagram berikut ini:

Jenis Motor Listrik

Jenis electro motor AC

Sumber listrik electro motor AC berasal dari alternating current (AC) atau arus bolak balik. Contoh sumber listrik AC adalah genset AC serta pembangkit listrik PLN. Electro motor jenis ini paling umum digunakan dalam berbagai peralatan.

  • Electro motor sinkron: adalah electro motor AC yang bekerja pada kecepatan tetap pada sistim frekuensi tertentu.
  • Electro motor induksi: adalah electro motor AC yang bekerja berdasarkan induksi medan magnet antara rotor dan stator. Electro motor jenis ini terpisah lagi menjadi 2 jenis.
    • Electro motor induksi satu fase: hanya memiliki 1 gulungan stator, beroperasi dengan pasokan daya 1 fase. Jenis ini banyak diaplikasikan dalam peralatan rumah tangga.
    • Motor induksi tiga fase: memiliki pasokan daya 3 fase sehingga dapat bekerja dengan daya yang tinggi.

 

Jenis electro motor DC

Electro motor DC memiliki sumber listrik dari direct current (DC) atau arus searah, contohnya adalah baterai, aki, atau adaptor DC.

  • Electro motor DC dengan sumber daya terpisah (Separately Excited): sumber arus medan-nya berasal dari sumber terpisah.
  • Electro motor DC dengan sumber daya sendiri (Self Excited): sumber arus medan-nya berasal dari sumber yang sama. Electro motor jenis ini dibedakan lagi menjadi 3.
    • Electro motor DC shunt: gulungan medan disambungkan secara paralel dengan gulungan motor listrik.
    • Electro motor DC seri: gulungan medan dihubungkan secara seri dengan gulungan kumparan motor.
    • Electro motor DC campuran: memiliki gulungan medan gabungan dari jenis shunt dan seri.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada, kami jual electro motor terlengkap dan berkualitas. Kami juga jual industrial power product lainnya seperti alternator dan power tools. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.