0
Jenis Alat Pelampung
15
Nov
Beberapa Jenis Alat Pelampung di Kapal
Nov 15, 2017By Velasco

Setiap kapal membutuhkan alat pelampung sebagai salah satu alat safety. Berikut ini adalah beberapa jenis alat pelampung yang umumnya tersedia di kapal.

Jenis Alat Pelampung

Sekoci (Life boat)
Sekoci adalah perahu kecil yang disiapkan di kapal untuk evakuasi darurat jika terjadi bencana. Sekoci menjadi salah satu peralatan keselamatan terpenting yang ada di kapal, yang digunakan pada saat darurat ekstrim untuk meninggalkan sebuah kapal. Sekoci bisa diluncurkan dari sisi kapal dengan cepat dengan bantuan mekanis yang memungkinkan pelarian awal kru dari kapal.

Sekoci harus membawa semua peralatan yang dijelaskan di bawah kode SOLAS dan LSA, agar dapat bertahan hidup di laut. Ini termasuk jatah, air tawar, pertolongan pertama, kompas, peralatan sinyal marabahaya seperti roket dll. Sebuah kapal harus membawa satu kapal penyelamat untuk tujuan menyelamatkan, bersama sekoci lainnya. Salah satu sekoci dapat ditunjuk sebagai kapal penyelamat, jika tersedia lebih dari dua atau lebih sekoci di kapal. Sekoci di kapal terdiri dari tiga tipe yaitu sekoci terbuka (open lifeboat), sekoci tertutup (closed lifeboat), dan free fall lifeboat.

Jenis Alat Pelampung

Rakit Penolong (Life rafts)
Rakit penolong terdiri dari dua tipe yaitu rakit kaku dan rakit yang dikembangkan dengan udara. Rakit digunakan pada saat harus meniggalkan kapal pada keadaan darurat dan di saat tersebut sekoci tidak dapat diturunkan. Rakit dibuat berwarna mecolok seperti oranye agar dapat mudah dikenali di tengah laut.
Rakit mesti memiliki pentup untuk dapat melindungi penumpang. Rakit kembang (inflatable liferafts) berbentuk kapsul besar, yang memiliki tali panjang. Pada saat tali panjang tersebut ditarik, rakit akan secara otomatis terkembang. Di dalam rakit mesti tersedia perlengkapan medis dan penunjang keselamatan selam di laut.

Jenis Alat Pelampung

Pelampung Penolong Berbentuk Cincin (Ring Life Buoys)
Pelampung penolong berbentuk seperti cincin besar atau ban mobil. Fungsinya yaitu untuk mengapungkan orang yang jatuh ke laut. Warnanya mecolok agar mudah dikenali dan tertera nama kapal asal pelampung tersebut. Pelampung penolong terbuat dari gabus atau busa padat dan tahan terhadap minyak.

Jenis Alat Pelampung

Jacket Penolong (Life Jackets)
Secara umum jaket pelampung terdiri dari dua tipe yaitu ada yang terbuat dari busa (gabus) dan yang menggunakan udara. Masing-masing dirancang secara berbeda berdasarkan aktivitas di atas kapal dan kondisi air. Masing-masing jenis juga memiliki daya apung maksimal, tingkat kekuatan dan batasan-batasan yang berbeda satu sama lain.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor beberapa jenis alat pelampung di kapal dan peralatan teknik lainnya dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.