0
  CONTACT US by WHATSAPP
Asal Nama Man Overboard
18
Oct
Asal Nama Man Overboard, Alat Safety Kapal
Oct 18, 2019By Velasco

Dalam sebuah perjalanan menyebrangi lautan, selain harus memastikan semua mesin kapal berjalan dengan baik, kita juga harus memastikan seluruh alat keselamatan kapal tersedia dan berfungsi sempurna. Salah satu alat keselamatan kapal adalah man overboard. Asal nama man overboard berawal dari istilah umum yang digunakan dalam industri perkapalan.

Jadi, dalam dunia perkapalan, man overboard itu sendiri sebenarnya merupakan sebuah situasi adanya awak kapal yang jatuh ke laut. Walaupun dia jatuh dari kapal di perairan dekat pelabuhan ataupun di laut lepas, istilahnya tetap sama. Ini merupakan situasi darurat sebab awak kapal tersebut harus segera ditemukan dan diselamatkan.

Saat hal tersebut terjadi, orang yang pertama kali melihat ada korban di laut harus memberitahu situasi itu ke awak kapal lainnya dengan berteriak “man overboard” lalu yang mendengar itu melanjutkan teriakan tersebut hingga sampai ke anjungan untuk membunyikan alarm darurat.

Setelah itu alarm dibunyikan dan bendera sinyal darurat dipasang, tujuannya untuk menginformasikan pada seluruh awak kapal tentang situasi man overboard. Lalu segera dilakukan tindakan penyelamatan terhadap korban yang berada di laut.

Dalam alat keselamatan terdapat satu perangkat yang diberi nama man overboard. Istilah ini diberikan kepada alat tersebut sebab asal nama man overboard sesuai dengan fungsi alat ini. Jadi saat situasi man overboard terjadi, alat ini digunakan untuk menyelamatkan korban tersebut.

Man overboard (MOB) merupakan alat piroteknik berfungsi untuk untuk mengirim sinyal tanda bahaya. Warnanya kuning dan terhubung ke life buoy dengan tali 5 meter. Alat ini harus tersedia pada tiap sisi area terbuka pada kapal, diletakkan menghadap ke laut, dan mudah diakses saat kondisi darurat.

Silahkan kontak PT Velasco Indonesia Persada, kami merupakan distributor alat safety man overboard (MOB) dilengkapi dengan sertifikat dan pelayanan terbaik. Kami juga menyediakan alat piroteknik berkualitas lainnya seperti line throwing, red hand flare, rocket parachute signal, serta smoke signal. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.