0
  CONTACT US by WHATSAPP
15
Sep
Apa yang Harus Dilakukan Jika Kapal Kecelakaan?
Sep 15, 2016By Velasco Indonesia

Apakah anda pernah bertanya tanya apa yang harus dilakukan jika kapal kecelakaan? Haruskah kita melompat ke laut atau tinggal didalam kapal? Tidak ada yang mau mengalami kecelakan, apalagi ketika berwisata. Karenanya, penting untuk melakukan tindakan pencegahan dan menjauhi hal-hal yang dapat mencelakai diri.
Bila terjadi tragedi kapal tenggelam, penting untuk mengetahui cara menyelamatkan diri. Banyak yang berpikiran untuk segera melompat ke laut. Namun, apakah benar? Lalu, apa yang harus dilakukan jika kapal kecelakaan?

apa yang harus dilakukan jika kapal kecelakaan

Ketahui lokasi muster station di kapal

Setiap kapal pasti mempunyai muster station, yaitu satu titik untuk berkumpul apabila terjadi insiden atau kecelakaan kapal. Dari muster station, penumpang akan diberi pengarahan apa yang harus dilakukan selanjutnya demi menyelamatkan diri bila terjadi kecelakaan. Ketahui jalan pintas ke muster station agar mudah mencapainya.

Rencanakan bersama keluarga

Bila berwisata pesiar bersama anak-anak, beri tahu mereka lokasi jaket pelampung dan muster station. Saat kecelakaan kapal terjadi, situasi cenderung berubah menjadi kacau dan rawan untuk terpisah dari anak-anak. Bila Anda telah memberi tahu mereka hal-hal dasar tadi, hal tersebut tentu bisa dihindari.

Jangan panik bila kapal miring

Kapal pesiar didesain untuk tenggelam secara lurus. Kasus Costa Concordia yang tenggelam dengan posisi miring sebenarnya adalah hal yang jarang terjadi. Maka dari itu, jangan panik bila kapal terasa miring. Kapal hanya berusaha menyesuaikan bobot kiri dan kanannya agar seimbang.

Hati-hati saat melompat dari kapal

Biarpun sudah menggunakan jaket pelampung, bukan berarti Anda dapat langsung terjun ke laut saat kapal akan tenggelam. Bila tidak hati-hati, Anda dapat tersangkut di baling-baling sekoci dan bila kapal sudah tidak stabil, Anda dapat terjebak di bawah permukaan laut. Temperatur air yang dingin juga dapat berakibat fatal bila Anda melompat ke laut. Melompat ke laut adalah pilihan terakhir bila Anda benar-benar tidak sempat naik ke sekoci.

Jadi sekarang anda telah mengetahui apa yang harus dilakukan jika kapal kecelakaan. Berhati-hatilah menaiki kapal dan berdoa agar perjalanan selalu aman.