0
  CONTACT US by WHATSAPP
Jenis Safety Equipment
04
Aug
Aneka Jenis Safety Equipment Kapal
Aug 04, 2018By Velasco

Keberadaan alat keselamatan atau safety equipment di kapal sangatlah penting dan merupakan sebuah keharusan. Hal ini diatur dalam standar internasional tentang keselamatan di atas laut, atau Safety of Life at Sea (SOLAS). Peraturan tersebut menyebutkan berbagai jenis safety equipment yang harus ada di atas kapal, lengkap dengan ketentuan harus diletakkan di mana, berapa banyak, serta cara menggunakannya.

Berikut ini beberapa jenis safety equipment kapal yang wajib disediakan untuk menjaga keselamatan awak kapal.

 

Alat Pemberi Sinyal (Alat Piroteknik)

Safety equipment jenis ini berfungsi untuk memberikan sinyal tanda butuh pertolongan saat terjadi situasi darurat. Diharapkan sinyal tersebut dapat diterima oleh kapal lain, atau diterima oleh seseorang di daratan. Sehingga pertolongan dapat diberikan segera. Alat pemberi sinyal ini mencakup alat piroteknik, yaitu alat yang mengeluarkan cahaya atau asap. Beberapa contoh alat pemberi sinyal antara lain adalah: hand flare signal, man over board, smoke signal, rocket parachute flare signal, line throwing.

 

Alat Pelampung

Safety equipment yang satu ini berfungsi untuk membuat penggunanya tetap terapung di atas laut. Alat pelampung baru akan digunakan saat terjadi situasi darurat, misalnya saat ada awak kapal yang jatuh ke laut, atau saat kapal hendak tenggelam. Beberapa contoh alat pelampung antara lain adalah: inflatable life raft, life buoy, life jacket, rescue boat, ring buoy light.

 

Fire Fighting Equipment

Fungsi safety equipment yang satu ini adalah untuk mengatasi resiko kebakaran di atas kapal. Berikut ini beberapa contoh fire fighting equipment: fireman outfit, fireman safety shoes, marine smoke detector & heat detector, portable fire extinguisher cylinder atau APAR, fire blanket, fire hose, fire hose box, fire hose connector, fire hose coupling, fire hoze nozzle, fire hydrant cabinet.

 

Mengingat kecelakaan dapat terjadi kapan saja dan di mana saja, maka safety equipment yang handal sudah menjadi kewajiban saat berada di kapal. Situasi di tengah laut lebih memiliki resiko kecelakaan yang tinggi ketimbang di daratan. Pastikan Anda memesan berbagai jenis safety equipment di atas dari distributor yang terbaik.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada, kami menyediakan aneka jenis safety equipment di kapal dengan kualitas dan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.