0
  CONTACT US by WHATSAPP
Aneka Alat Keselamatan Kerja
06
Jun
Aneka Alat Keselamatan Kerja dan Fungsinya
Jun 06, 2018By Velasco

Kita semua sudah paham bahwa kecelakaan dapat terjadi kapan saja dan di mana saja, termasuk saat kita bekerja. Oleh karena itu dibutuhkan aneka alat keselamatan kerja sesuai dengan tempat dan jenis pekerjaan masing-masing. Aneka alat keselamatan kerja ini bisa Anda dapatkan melalui PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor alat keselamatan kerja terbaik.

Alat keselamatan kerja sangat beragam dan perlu disediakan sesuai dengan tempat Anda bekerja. Sebab setiap tempat dan profesi memiliki resikonya masing-masing, karena itu wajib disediakan aneka alat keselamatan kerja yang sesuai dan tepat guna.

Industrial Safety Equipment

Misalnya adalah industrial safety equipment, yaitu alat keselamatan untuk beragam industri yang umum seperti industri konstruksi, migas, tambang, dll. Beberapa contohnya adalah:

  • Earmuff dan earplug, fungsinya adalah untuk melindungi telinga pekerja dari bising.
  • Safety glasses, safety goggle dan safety helmet, masker. Fungsinya untuk melindungi mata, wajah serta kepala dari percikan api atau partikel-partikel berbahaya yang bertebangan.
  • Wearpack, fungsinya untuk melindungi badan.
  • Welding gloves, fungsinya untuk melindungi tangan dari panas api, terutama saat melakukan pekerjaan las.
  • Safety shoes, fungsinya untuk melindungi kaki.
  • Contoh industial safety equipment yang lain: eebd, safety body harness, webbing sling dan sling belt.

Life Saving Equipment

Bekerja di kapal memiliki alat keselamatan yang berbeda dari yang lain. Berikut ini beberapa contoh life saving equipment untuk di atas kapal:

  • Teropong, untuk melihat banda atau situasi dari jarak jauh.
  • Hand flare signal, man over board, smoke signal, rocket parachute flare signal, line throwing. Semua ini berfungsi untuk memberikan sinyal butuh pertolongan saat terjadi kecelakaan.
  • Hru for life raft, inflatable life raft, life buoy, life jacket, rescue boat, ring buoy light. Alat-alat ini berfungsi untuk membuat penggunanya tetap terapung di atas air sehingga tidak tenggelam.
  • Contoh life saving equipment yang lain: marine sticker dan wind speed anemometer.

Fire Fighting Equipment

Kebakaran dapat terjadi di mana saja. Untuk itu perlu ada fire fighting equipment agar dapat mengatasi resiko kebakaran di tempat kerja, baik itu di kapal, di tempat proyek, maupun di gedung dan kantor. Beberapa contoh fire fighting equipment adalah:

  • Fireman outfit, fireman safety shoes. Fungsinya untuk melindungi seluruh tubuh dari panas dan api.
  • Marine smoke detector & heat detector. Fungsinya untuk mendeteksi adanya asap dan panas ketika terjadi kebakaran.
  • portable fire extinguisher cylinder atau APAR, fire blanket, fire hose, fire hose box, fire hose connector, fire hose coupling, fire hoze nozzle, fire hydrant cabinet. Fungsinya untuk memadamkan api saat terjadi kebakaran ringan. Alat ini sifatnya sebagai penolong sementara dan darurat.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada, kami menyediakan berbagai aneka alat keselamatan kerja dengan kualitas dan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.