0
  CONTACT US by WHATSAPP
Alat Rigging dalam Industri
17
Dec
Alat Rigging dalam Industri Beragam
Dec 17, 2018By Velasco

Alat rigging dalam industri memiliki peranan yang sangat penting. Sederhananya, alat rigging merupakan sistem yang memungkinkan sebuah benda berat dapat berpindah dari satu titik ke titik lain. Nampaknya memang sederhana, namun hasilnya, serangkaian alat rigging yang canggih dapat memungkinkan pembangunan infrastruktur seperti yang kita rasakan saat ini.

Industri apa saja yang menggunakan alat rigging? Berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Industri logistik: yaitu industri pengiriman barang. Peralatan rigging jelas dibutuhkan dalam industri ini, sebab barang yang dikirim berjumlah sangat banyak dan berat. Alat rigging digunakan untuk memindahkan barang kiriman dari satu alat transportasi ke alat transportasi lain untuk dipindahkan.
  2. Industri kapal besar: alat rigging juga digunakan dalam industri perkapalan, terutama kapal besar, misalnya adalah untuk memindahkan barang-barang dari dalam kapal ke luar kapal, begitu pula sebaliknya.
  3. Industri konstruksi: untuk dapat mendirikan sebuah bangunan, atau untuk infrastruktur lain seperti jalan raya, rel, dll, dibutuhkan alat rigging. Sebab dalam pembuatannya, banyak komponen super berat yang harus dipasang dan dipindahkan.

Alat rigging dalam industri memiliki jenis yang banyak, seperti beberapa alat berikut ini:

Chain Block, yaitu alat angkut manual yang digunakan untuk menarik dan mengangkut barang berat.

Chain Drum, bentuk dan fungsinya mirip dengan chain block. Namun lebih spesifik, chain drum digunakan untuk memindahkan barang dengan bentuk yang menyerupai drum.

Masterlink, adalah alat dengan bentuk oval atau bulat, terbuat bahan besi baja. Fungsinya adalah untuk menyatukan beberapa kaki sling menjadi satu, setelah itu dihubungkan dengan hook.

Shackle, berfungsi untuk menyatukan beberapa sling atau rantai atau hook. Shackle terbagi menjadi berbagai varian berdasarkan bahan dan bentuknya.

Swivel atau Kili-kili, terdiri dari 4 mata rantai dengan satu poros di bagian tengahnya, memungkinkan rangkaian berputar ke berbagai arah dengan bebas, tanpa khawatir kusut.

Turnbuckle atau Jarum Keras, alat ini memiliki bentuk menyerupain jarum, terbuat dari besi panjang dengan dua pengait pada ujungnya. cara menggunakannya adalah dengan mengaitkan turnbuckle ke sling, kemudian atur ketegangan sling dengan cara memutar bagian tengahnya sampai ikatan terasa kencang.

Wire Clip atau Kuku Macan, yaitu alat untuk membuat mata sling kawat baja, fungsinya adalah menahan ujung wire rope sling agar tidak terlepas.

Alat rigging dalam industri yang satu maupun yang lain biasanya memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Faktor yang membedakan adalah tempat Anda membeli alat rigging dalam industri ini, pastikan Anda memiliki supplier yang dapat dipercaya untuk menyediakan alat rigging dalam industri yang berbeda=beda.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada, kami jual alat rigging dalam industri yang beragam, tentunya dengan kualitas tinggi dan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.