0
  CONTACT US by WHATSAPP
9 Kesalahan yang Harus Dihindari Pelaut
13
Aug
9 Kesalahan yang Harus Dihindari Pelaut
Aug 13, 2016By Velasco Indonesia

9 Kesalahan yang Harus Dihindari Pelaut
9 Kesalahan yang Harus Dihindari Pelaut.

Tidak semua pelaut dilahirkan sempurna. Setiap pelaut harus belajar b
erbagai macam pengetahuan dan keterampilan agar dapat bekerja dengan baik. Dalam situasi sulit, pelaut harus mengetahui hal-hal yang tidak boleh dilakukan. Bagaimana seorang pelaut harus bertindak menghindari masalah?

  1. Jangan pernah mengikuti perintah yang melanggar hukum

Akan selalu ada atasan yang memerintah anda. Untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan, pastikan anda mengetahui semua peraturan penting di laut yaitu SOLAS, MARPOL, COLREG, ISPS, SCTW dan sebagainya.

  1. Jangan menyembunyikan masalah atau kesalahan

Setiap orang melakukan kesalahan dan jika tidak berulang ulang maka biasanya akan dimaafkan. Jika melakukan kesalahan, laporlah kepada atasan sehingga dapat dicari penyelesaian dengan segera.

  1. Mengisi laporan dengan benar

Laporan yang dibuat dapat digunakan sebagai bukti bahwa operasi kapal telah memenuhi peraturan dan undang-undang. Terlebih lagi dapat digunakan sebagai klaim asuransi jika terjadi kerusakan atau kecelakaan. Pastikan bahwa semua yang tertulis di dokumen adalah benar.

  1. Jangan abaikan alarm

Tidak peduli alarm asli atau hanya latihan, setiap kru harus menganggap alarm serius dan bertindak ketika mendengarknya.

  1. Jangan biarkan orang memasuki kabin anda

Kabin adalah ruangan pribadi anda dan anda bertanggung jawab terhadap semua benda yang terdapat didalamnya.

  1. Jangan terlibat dalam perkelahian

Perkelahian hanya memperbesar masalah dan dapat menyebabkan penghentian kontrak atau hukuman yang dapat merusak karir kelautan anda.

  1. Jangan mabuk saat mengemudikan kapal

Jangan pernah bekerja dibawah pengaruh alkohol. Pasttikan anda mematuhi peraturan terkait minuman keras dan obat-obatan dari perusahaan Anda.

  1. Jangan terlambat

Pastikan anda mengetahui waktu batas pesiar dan kembali tepat waktu agar tidak ketinggalan kapal dan menjadi beban bagi perusahaan.

  1. Kapal bukan milik anda pribadi

Ketika turun dari kapal, jangan membawa barang-barang di kapal. Perilaku ini tidak etis karena kru yang akan menggantikan akan membutuhkan barang-barang tersebut untuk melakukan pekerjaannya. Menjual sparepart kapal atau bahan bakar kapal untuk mendapatkan keuntungan pribadi dapat menyebabkan skorsing dengan denda dan hukuman sebagai tindak pencurian. Nah semoga tips 9 kesalahan yang harus dihindari pelaut diatas bermanfaat.